Kompas.com - 24/08/2020, 08:02 WIB
Ilustrasi masker anak shutterstockIlustrasi masker anak

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF mengeluarkan pedoman baru tentang pemakaian masker untuk anak-anak, Jumat (21/8/2020).

Salah satu pedomannya menegaskan, anak-anak berusia 12 tahun ke atas harus memakai masker untuk membantu mengatasi pandemi Covid-19. Pedoman ini sama seperti yang ditujukan untuk orang dewasa.

Seperti dilansir BBC, Minggu (23/8/2020), berikut adalah pedoman baru yang dipublikasikan di situs WHO, mencakup tiga kelompok usia:

Baca juga: WHO Prediksi, Pandemi Covid-19 Bisa Berakhir dalam 2 Tahun

1. Anak usia 12 tahun ke atas

Anak berusia 12 tahun ke atas wajib memakai masker seperti orang dewasa. Khususnya ketika tidak dapat menjaga jarak dengan orang lain dan penularan berisiko terjadi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Anak usia 6-11 tahun

Anak usia 6-11 tahun harus memakai masker tergantung sejumlah faktor risiko.

Faktor risiko yang harus diperhitungkan antara lain intensitas penularan di suatu daerah, kemampuan anak untuk menggunakan masker, dan apakah anak berinteraksi dengan orang-orang yang berisiko tinggi mengembangkan penyakit.

WHO juga menekankan perlunya pengawasan orang dewasa untuk membantu anak menggunakan, memakai, dan melepaskan masker dengan aman.

3. Anak balita

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Reuters,BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.