Seri Baru Jadi Ortu: Bagaimana Agar Rambut Anak Hitam dan Tebal?

Kompas.com - 23/08/2020, 13:02 WIB
Tebal tipisnya rambut bayi juga dipengaruhi faktor genetik. shutterstockTebal tipisnya rambut bayi juga dipengaruhi faktor genetik.

KOMPAS.com – Banyak orangtua yang menginginkan rambut anaknya hitam dan tebal. Begitu bayi dilahirkan, tak jarang orangtua yang mengoleskan beberapa herbal pada kepala bayi agar rambutnya tebal. Seledri dan lidah buaya adalah dua di antaranya.

Namun rupanya, secara medis, tidak ad acara khusus yang dapat dilakukan untuk membuat rambut anak lebih hitam dan tebal. Hal itu diungkapkan oleh Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, Pondok Indah, dr Henny Adriani Puspitasari, Sp.A.

“Ketebalan dan warna rambut ditentukan oleh genetik,” tutur Henny kepada Kompas.com, Minggu (23/8/2020).

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: Anak Baru Berjalan, Simak Tips Memilih Alas Kakinya

DNA ayah dan ibu menentukan tekstur, warna, dan ketebalan rambut. Selain itu, rambut juga dipengaruhi oleh hormon.

“Pada saat lahir, bayi bisa memiliki rambut tipis atau tebal, kemudian rontok dan tumbuh kembali,” tambah Henny.

Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, Pondok Indah, dr Henny Adriani Puspitasari, Sp.A.RSPI Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah, Pondok Indah, dr Henny Adriani Puspitasari, Sp.A.

Seiring pertumbuhan, kondisi rambut anak dapat memiliki perubahan tekstur dan warna. Oleh karena itu, jika anak berambut tipis selagi kecil, bukan berarti ia akan berambut tipis selamanya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X