Selamatkan Spesies Langka, Ahli Ambil Sel Telur Badak Putih Utara Terakhir

Kompas.com - 21/08/2020, 20:02 WIB
Badak putih menjadi salah satu spesies yang terancam punah. Ilmuwan gunakan teknologi bayi tabung untuk menyelamatkan spesies ini dari kepunahan di masa depan. WIKIMEDIA COMMONS/Derek KeatsBadak putih menjadi salah satu spesies yang terancam punah. Ilmuwan gunakan teknologi bayi tabung untuk menyelamatkan spesies ini dari kepunahan di masa depan.


KOMPAS.com- Berbagai upaya terus dilakukan oleh para ahli untuk menyelamatkan spesies satwa di muka bumi yang terancam punah, salah satunya adalah Badak Putih Utara.

Seperti dikutip dari IFL Science, Jumat (21/8/2020) ilmuwan dari The Ol Pejeta Conservancy di Kenya mengupayakan penyelamatan spesies tersebut dengan cara mengambil sel telur dari dua badak putih utara betina yang tersisa di planet ini.

Sel telur yang telah diambil kemudian akan dibuahi dengan sperma beku yang sebelumnya diambil dari badak putih utara jantan yang telah mati.

Sementara embrio akan ditanamkan pada rahim badak betina lain yang sesuai dengan masa kehamilan berlangsung selama 16 hingga 18 bulan.

Baca juga: Badak Putih Utara Jantan Punah, Spesies Badak Ini Terancam Menyusul

Pandemi yang melanda dunia telah menunda proses pengambilan sel telur ini. Tetapi tim peneliti yang melakukan prosedur itu menyebut jika pengambilan sel telur berjalan lancar dan tanpa komplikasi.

Berdasarkan International Union for Conservation of Nature (IUCN) badak putih utara masuk dalam daftar satwa terancam punah. Badak ini diburu tanduknya untuk digunakan sebagai pengobatan tradisional.

Hewan ini mengalami penurunan yang pesat selama 50 tahun terakhir. Menyelamatkan spesies ini merupakan tugas yang besar mengingat jumlah mereka yang sangat rendah dan tak ada badak putih utara jantan yang hidup.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X