Asteroid Sebesar Mobil Melintas Sangat Dekat dengan Bumi, Apa Dampaknya?

Kompas.com - 19/08/2020, 19:00 WIB
Ilustrasi asteroid menuju Bumi Ilustrasi asteroid menuju Bumi

KOMPAS.com - Asteroid seukuran mobil berada pada jarak sekitar 2.950 kilometer dengan bumi kemarin Minggu (16/8/2020).

Menurut data pelacak asteroid yang disusun Sormano Astronomical Observatory di Italia, jarak ini terbilang sangat dekat, bahkan paling dekat yang pernah tercatat.

Karena ukurannya "hanya" sebesar mobil, batu luar angkasa ini kemungkinan besar tidak menimbulkan bahaya bagi manusia di bumi jika terjadi hantaman.

Namun, jarak yang sangat dekat itu tetap mengkhawatirkan. Terlebih para astronom tidak berhasil mendeteksi kapan benda langit itu melintasi Bumi.

Baca juga: Asteroid Raksasa Melaju Dekat dengan Bumi, Ini 6 Faktanya

"Asteroid itu tidak terdeteksi karena datang dari arah matahari," kata Paul Chodas, direktur Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA seperi dilansir Business Insider, Rabu (19/8/2020).

"Kami tidak melihatnya datang."

Sementara itu, Observatorium Palomar di California pertama kali mendeteksi batuan luar angkasa baru sekitar enam jam setelah melewati bumi.

Objek terdekat dengan bumi sepanjang sejarah

Chodas mengatakan, asteroid ini memecahkan rekor sebagai yang terdekat dengan bumi sepanjang sejarah.

"Kemarin, asteroid ini berada di jarak terdekat dalam catatan sejarah. Ini tidak termasuk beberapa asteroid yang benar-benar berdampak pada bumi," kata Chodas.

NASA hanya mengetahui sedikit objek dekat bumi (NEO) seperti ini.

Banyak asteroid yang tidak menlintasi garis pandang teleskop. Dalam beberapa tahun terakhir, para ilmuwan menemukan beberapa asteroid yang berpotensi berbahaya.

Jika asteroid yang berbahaya lolos dari sistem pengawasan NEO, dikhawatirkan benda langit itu dapat membunuh puluhan ribu orang.

QG 2020 terbang melintasi Belahan Bumi Selatan

Asteroid dekat bumi yang terbang melintasi planet kita itu disebut ZTF0DxQ, tapi kini secara resmi dikenal oleh para astronom sebagai QG 2020.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X