Fenomena Hari Ini, Bulan Berkonjungsi dengan Merkurius dan Masuki Fase Awal Muharram

Kompas.com - 19/08/2020, 11:02 WIB
Ilustrasi Bulan terlihat di siang hari. Fenomena ini dapat diamati setiap hari. Ilustrasi Bulan terlihat di siang hari. Fenomena ini dapat diamati setiap hari.


KOMPAS.com- Dua fenomena akan hadir menghiasi langit Indonesia dan bisa dijadikan alternatif menemani kejenuhan Anda beraktivitas di rumah saja.

Dua fenomena yang akan hadir hari ini, Rabu (19/8/2020) yaitu fase bulan baru (hilal) dan konjungsi Bulan- Merkurius.

Berikut penjelasan lebih rinci tentang kedua fenomena tersebut.

1. Fase bulan baru; pukul 09.41 WIB

Berdasarkan analisis Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( Lapan), periode kali ini bulan akan memasuki fase konjungsi atau Bulan Baru pada pukul 09.41.31 WIB, Rabu (19/8/2020).

Baca juga: Fenomena Langit Hari Ini: Ada Apogee Bulan dan Fase Perbani Akhir

Jarak bulan baru dari Bumi adalah sekitar 362.655 kilometer dan lebar sudut 32,5 menit busur.

Bulan akan terletak di konstelasi Leo bersama dengan Matahari dan Merkurius.

Untuk diketahui, bulan baru kali ini dapat disebut sebagai Black Moon karena merupakan Bulan baru ketiga dari empat Bulan baru dalam satu musim astronomis.

Bulan baru ini juga menunjukkan bahwa musim dingin di belahan Selatan yang dimulai ketika Solstis Juni dan berakhir ketika Ekuinoks September.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X