Kompas.com - 18/08/2020, 19:32 WIB
Ilustrasi mata Digital VisionIlustrasi mata

KOMPAS.com - Melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga sangat dianjurkan untuk membantu kebugaran tubuh agar tetap sehat. Akan tetapi, waspadai risiko trauma pada mata saat melakukan berolahraga tanpa alat proteksi.

Ketua Ophthalmic Trauma Service JEC Eye Hospitals and Clinics, Dr Yunia Irawati SpM(K) berkata bahwa olahraga yang tidak punya proteksi pada mata, sangat bisa dan mungkin sekali meningkatkan risiko terjadinya trauma pada mata.

"Kami sering mendapatkan (pasien) yang terkena trauma mata itu akibat olahraga," kata Yunia dalam acara virtual media session JEC dengan tajuk Overcoming the Challenges in Ophthalmic Trauma, Sabtu (15/8/2020).

Padahal, trauma pada mata bisa menurunkan tingkat penglihatan secara tajam hingga menyebabkan kebutaan. Pada kondisi lebih lanjut, trauma pada mata juga akan berdampak pada berkurangnya kualitas hidup dan produktivitas penderita.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Trauma Mata Bisa Picu Kebutaan

Yunia berkata, tubuh termasuk organ mata sebenarnya memiliki kemampuan untuk menyerap darah dengan sendirinya ketika terjadi pendarahan pada bagian mata.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tapi, kalau pendarahannya sudah berlebihan maka itu akan sulit dilakukan oleh mata secara alami sendiri, dan butuh penanganan lebih lanjut bahkan operasi," ujarnya.

Yunia pun mengingatkan, untuk Anda yang punya hobi dalam salah satu jenis olahraga, sebaiknya pilih atau lakukan olahraga dengan alat perlindungan tubuh, termasuk untuk bagian mata.

Tidak menggunakan proteksi atau alat perlindungan yang memadai saat melakukan aktivitas olahraga, akan berisiko tinggi terhadap terjadinya cidera saat Anda terjatuh ataupun terkena benturan baik benda tajam maupun benda tumpul di organ-organ tubuh tertentu Anda.

Baca juga: Mengapa Kita Perlu Melindungi Mata dari Penularan Virus Corona? Ahli Jelaskan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.