Kompas.com - 17/08/2020, 19:30 WIB

KOMPAS.com - Dengan sebuah studi baru, para ilmuwan mulai menyelidiki air asing di dalam interior es planet Uranus dan Neptunus.

Seperti dikutip dari Space, Senin (17/8/2020), ilmuwan telah menemukan model komputer teoretis dan menggunakannya untuk melihat bagian dalam planet es raksasa pada Uranus dan Neptunus.

Dengan menggunakan alat ini, tim mempelajari konduktivitas termal dan listrik dari air yang tidak biasa di dalam planet ini.

Baca juga: Foto Termal Ungkap Cincin Uranus Tak Seperti di Tata Surya

Dalam mensimulasikan proses fisik pada skala atom yang sangat kecil ini, para peneliti berharap model ini dapat mengungkapkan informasi tentang struktur internal benda es, medan magnet dan bagaimana mereka berevolusi serta berapa umur mereka.

Penelitian ini dilakukan para ilmuwan dari International School for Advanced Studies (SISSA) di Trieste, Italia dan University of California di Los Angeles.

Para peneliti SISSA tersebut memperkirakan kemungkinan besar beberapa planet terdiri dari air, dan kemungkinan Uranus memiliki inti beku.