Gunung Sinabung Meletus Lagi, Ini 3 Rekomendasi untuk Warga Sekitar

Kompas.com - 13/08/2020, 08:03 WIB
Gunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Karo, Sumatera Utara, Senin (10/8/2020). Gunung Sinabung erupsi dengan tinggi kolom 5.000 meter di atas puncak atau sekitar 7.460 meter di atas permukaan laut. ANTARA FOTO/SASTRAWAN GINTINGGunung Sinabung menyemburkan material vulkanik saat erupsi di Karo, Sumatera Utara, Senin (10/8/2020). Gunung Sinabung erupsi dengan tinggi kolom 5.000 meter di atas puncak atau sekitar 7.460 meter di atas permukaan laut.

KOMPAS.com - Gunung Sinabung di Sumatera Utara kembali mengalami erupsi pagi ini, Kamis (13/8/2020) pukul 06.07 WIB.

Ini merupakan erupsi kedua dalam kurun waktu tiga hari. Erupsi pertama terjadi pada Senin (10/8/2020) pukul 11.17 WIB.

Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) menunjukkan bahwa erupsi yang tejadi pagi ini, tinggi kolom abu teramati sekitar 1.000 meter di atas puncak atau sekitar 3.460 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu yang teramati itu berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur, tenggara, dan selatan.

Baca juga: Fluktuasi Letusan dan Meneropong Isi Tubuh Gunung Sinabung

Erupsi yang terjadi itu pula terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 15 mm dan durasi sekitar 11 menit 59 detik.

Berdasarkan situasi ini, KESDM PVMBG menempatkan Gunung Sinabung berada pada status level III atau siaga.

Oleh sebab itu, ada tiga rekomendasi yang diberikan guna menjaga keselamatan warga dan pengunjung di sekitar lokasi erupsi Gunung Sinabung, yaitu sebagai berikut.

Petani membersihkan tanaman brokoli dan cabai rawit yang tertutup debu vulkanik pascaerupsi Gunung Sinabung di Desa Naman, Kecamatan Naman Teran, Karo, Sumatera Utara, Selasa (11/8/2020).ANTARA FOTO/SASTRAWAN GINTING Petani membersihkan tanaman brokoli dan cabai rawit yang tertutup debu vulkanik pascaerupsi Gunung Sinabung di Desa Naman, Kecamatan Naman Teran, Karo, Sumatera Utara, Selasa (11/8/2020).

1.Tidak melakukan aktivitas di desa yang sudah direlokasi

Masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi.

Termasuk juga lokasi di dalam radius radial 3 kilometer dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X