Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pagi Ini, Planet Venus Hadirkan 2 Fenomena Berbeda di Langit Indonesia

Kompas.com - 13/08/2020, 06:01 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Jika Anda mendapatkan pemandangan menarik berupa benda langit seperti bintang kecil tampak terang sekali di langit pagi ini, bisa jadi itu adalah planet Venus.

Sebenarnya, sejak fajar atau sebelum Matahari terbit telah ada fenomena langit yang berkaitan dengan planet Venus, dan dapat disaksikan oleh masyarakat Indonesia.

Namun, masih bisa Anda saksikan hingga beberapa jam yang akan datang jika langit tidak begitu terang oleh cahaya Matahari.

Berikut dua fenomena langit terkait dengan Venus yang bisa Anda amati hari ini.

Baca juga: Pertama Kali, Peneliti Temukan 37 Gunung Berapi Aktif di Venus

1. Elongasi maksimum Venus

Dijelaskan oleh astronom amatir Marufin Sudibyo, terjadinya elongasi maksimum Venus ini dikarenakan adanya kombinasi orbit Bumi mengelilingi Matahari dan orbit Venus mengelilingi Matahari.

Pada Kamis (13/8/2020), Venus mengalami elongasi barat maksimum. Sehingga, tampak pada kedudukan paling tinggi di langit fajar yaitu sebelum Matahari terbit.

Tepat pada saat Matahari terbit, Venus akan berkedudukan setinggi 45 derajat dan dapat disaksikan sejak 2,5 jam sebelum Matahari terbit.

Ilustrasi penampakan planet venus sebelum Matahari terbit.WIKIMEDIA COMMONS/Brocken Inaglory Ilustrasi penampakan planet venus sebelum Matahari terbit.

Baca juga: Alasan Venus Bersinar Terang di Langit Malam Beberapa Hari Terakhir

Namun, dalam keterangan tertulis Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), puncaknya elongasi maksimum barat Venus ini terjadi pada pukul 07.21 WIB yaitu sebesar 46 derajat.

Venus akan terletak di 20 derajat Utara Matahari dengan ketinggian 41,3 derajat dan berada di Manzilah Alhena (Gamma Geminorium) Konstelasi Gemini.

Venus dapat diamati dengan mata telanjang karena magnitudonya mencapai minus 4,3 dan lebar sudut 23,8 detik busur.

Elongasi maksimum barat Venus ini terjadi rata-rata setiap 19 bulan sekali. Sebelumnya, elongasi maksimum barat Venus ini pernah terjadi pada 6 Januari 2019.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com