Pagi Ini, Planet Venus Hadirkan 2 Fenomena Berbeda di Langit Indonesia

Kompas.com - 13/08/2020, 06:01 WIB
ilustrasi planet Venus SHUTTERSTOCKilustrasi planet Venus


KOMPAS.com- Jika Anda mendapatkan pemandangan menarik berupa benda langit seperti bintang kecil tampak terang sekali di langit pagi ini, bisa jadi itu adalah planet Venus.

Sebenarnya, sejak fajar atau sebelum Matahari terbit telah ada fenomena langit yang berkaitan dengan planet Venus, dan dapat disaksikan oleh masyarakat Indonesia.

Namun, masih bisa Anda saksikan hingga beberapa jam yang akan datang jika langit tidak begitu terang oleh cahaya Matahari.

Berikut dua fenomena langit terkait dengan Venus yang bisa Anda amati hari ini.

Baca juga: Pertama Kali, Peneliti Temukan 37 Gunung Berapi Aktif di Venus

1. Elongasi maksimum Venus

Dijelaskan oleh astronom amatir Marufin Sudibyo, terjadinya elongasi maksimum Venus ini dikarenakan adanya kombinasi orbit Bumi mengelilingi Matahari dan orbit Venus mengelilingi Matahari.

Pada Kamis (13/8/2020), Venus mengalami elongasi barat maksimum. Sehingga, tampak pada kedudukan paling tinggi di langit fajar yaitu sebelum Matahari terbit.

Tepat pada saat Matahari terbit, Venus akan berkedudukan setinggi 45 derajat dan dapat disaksikan sejak 2,5 jam sebelum Matahari terbit.

Ilustrasi penampakan planet venus sebelum Matahari terbit.WIKIMEDIA COMMONS/Brocken Inaglory Ilustrasi penampakan planet venus sebelum Matahari terbit.

Baca juga: Alasan Venus Bersinar Terang di Langit Malam Beberapa Hari Terakhir

Namun, dalam keterangan tertulis Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), puncaknya elongasi maksimum barat Venus ini terjadi pada pukul 07.21 WIB yaitu sebesar 46 derajat.

Venus akan terletak di 20 derajat Utara Matahari dengan ketinggian 41,3 derajat dan berada di Manzilah Alhena (Gamma Geminorium) Konstelasi Gemini.

Venus dapat diamati dengan mata telanjang karena magnitudonya mencapai minus 4,3 dan lebar sudut 23,8 detik busur.

Elongasi maksimum barat Venus ini terjadi rata-rata setiap 19 bulan sekali. Sebelumnya, elongasi maksimum barat Venus ini pernah terjadi pada 6 Januari 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X