Lindungi Ternak dari Predator, Ahli Bikin Gambar Mata di Pantat Sapi

Kompas.com - 12/08/2020, 07:02 WIB
Peneliti menggambar mata pada pantat sapi sebagai cara untuk terhindar dari predator. iflsciencePeneliti menggambar mata pada pantat sapi sebagai cara untuk terhindar dari predator.

KOMPAS.com - Peneliti telah menemukan cara baru untuk melindungi ternak warga Botswana, Afrika dari serangan predator.

Caranya pun terbilang unik, yakni dengan menggambar mata di pantat sapi.

Cara ini menurut peneliti dianggap lebih tepat dalam melindungi ternak dari hewan pemangsa yang berkeliaran.

Seperti dikutip dari IFL Science, Selasa (11/8/2020) bentang alam Botswana mencakup Delta Okavango menjadi rumah bagi predator-predator seperti singa, macan tutul, hyena, cheetah, dan lain-lain.

Baca juga: Moyang Lumba-lumba Ternyata Predator Masif dan Perenang Gesit

Namun di sisi lain, kawasan tersebut juga merupakan tempat bagi ternak-ternak merumput yang turut menyumbang sekitar 80 persen pendapatan pertanian Botswana.

Dengan kondisi tersebut, ternak pun berpotensi menjadi sasaran empuk bagi para predator.

Konflik manusia-satwa liar adalah tekanan yang meningkat di banyak negara Afrika, tetapi menyingkirkan predator atau mengurangi perburuan mereka dengan menempatkan pagar yang luas di lanskap alam bukanlah jawabannya.

Peneliti dari University of New South Wales pun mencoba menemukan solusi dari permasalahan tersebut, kira-kira bagaimana ternak dapat terlindung dari predator.

Peneliti lantas mencoba trik untuk melindungi ternak dengan cara menggambar mata pada pantat sapi.

Mereka menguji cara tersebut pada 14 kawanan berbeda yang pernah mengalami serangan singa.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X