Berkat Setan Tasmania, Ada Titik Terang Pengobatan Kanker pada Manusia

Kompas.com - 10/08/2020, 08:30 WIB
Tasmanian devil, hewan khas Tasmania yang terancam punah. Kompas.com/Ervan HardokoTasmanian devil, hewan khas Tasmania yang terancam punah.

KOMPAS.com - Hewan asal Australia bernama Setan Tasmania tengah berjuang dari kepunahan. Bukan karena perburuan tetapi virus yang menyerang populasi mereka.

Virus yang menyebar melalui gigitan ini menyebabkan penyakit tumor wajah setan (DFTD).

Peneliti pun berlomba untuk menyelamatkan Setan Tasmania dari virus mematikan tersebut.

Kabar baiknya adalah peneliti dari Washington State University dan Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle menemukan harapan bagi kelangsungan hidup Setan Tasmania.

Tak hanya itu saja, peneliti menyebut temuan mereka mampu memberikan harapan bagi terapi pengobatan kanker pada manusia.

Baca juga: Susu Setan Tasmania Berpotensi Taklukkan Mikroba Super yang Mengancam Manusia

Seperti dikutip dari IFL Science, Minggu (9/8/2020) para peneliti mempelajari genom dari penyakit tumor wajah setan (DFTD) pada beberapa hewan yang terkena penyakit.

Dari pengamatan, peneliti menemukan DFTD secara spontan bisa membaik tanpa pengobatan.

Pasalnya, ada satu mutasi genetik yang dapat memperlambat pertumbuhan penyakit mematikan ini pada Setan Tasmania.

Perlambatan pertumbuhan tumor ini juga bukan karena ada suatu gen yang ditekan, melainkan disebabkan adanya gen yang sedang aktif.

Peneliti pun menyebut perilaku sel kanker di laboratorium dan mutasi genetik tunggal yang menyebabkan penurunan tingkat pertumbuhan DFTD ini sebagai adaptasi baru antara kanker dengan inangnya.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X