Kompas.com - 09/08/2020, 17:01 WIB

KOMPAS.com - Ada banyak exoplanet atau planet luar Tata Surya di alam semesta, bahkan di galaksi Bima Sakti ini. Akan tetapi, beberapa di antaranya diketahui memiliki kondisi yang sangat ekstrem dibandingkan planet lainnya.

Salah satu yang dikenal di antaranya adalah Super Earth atau Bumi Super yang ternyata sangat panas.

Bisa dibayangkan, ada planet seperti Bumi dengan ukuran 10 kali lebih masif, dan begitu dekat dengan bintangnya, sehingga hanya diperlukan 10 hari atau mungkin kurang untuk mengorbit.

Melansir Science Alert, Sabtu (9/8/2020), beberapa dari planet tersebut sangat terang dengan cahaya yang dipantulkan dari bintang induknya. Bahkan, beberapa yang lain jauh lebih terang dari Bumi, memantulkan hingga 50 persen cahaya yang menghantam mereka dari bintang induknya.

Baca juga: Penuh Batu Permata, Bumi Super Baru Ditemukan Ilmuwan Eropa

Sementara itu, bagi ilmuwan Bumi Super panas masih suatu misteri dan mereka belum dapat menjelaskan apa yang menyebabkan planet itu sangat cerah.

"Anda akan menduganya sebagai planet lava, seperti bola arang yang mengorbit di luar angkasa," kata ilmuwan planet Zahra Essack dari Departemen Ilmu Bumi, Atmosfer, dan Ilmu Planet Institut Teknologi Massachusetts.

Lava mengalir ke lautan di salah satu gunung berapi Kilauea di Hawaii.WIKIMEDIA COMMONS/Robert Cudney Lava mengalir ke lautan di salah satu gunung berapi Kilauea di Hawaii.