Mengapa Zebra Punya Garis-garis Hitam Putih di Tubuh? Ini Penjelasan Sains

Kompas.com - 08/08/2020, 18:05 WIB
Ilustrasi zebra Anup ShahIlustrasi zebra

Oleh Tim Caro dan Martin How

ZEBRA terkenal dengan garis-garis hitam dan putih yang kontras - tapi hingga baru-baru ini tidak ada yang tahu mengapa mereka memakai pola bergaris yang tidak biasa. Ini adalah pertanyaan yang telah dibahas sejak 150 tahun yang lalu oleh ahli biologi Victoria seperti Charles Darwin dan Alfred Russel Wallace.

Sejak itu banyak ide telah diajukan, tapi hanya dalam beberapa tahun terakhir baru ada upaya serius untuk menguji hal tersebut.

Gagasan-gagasan ini dibagi ke dalam empat kategori utama: zebra bergaris untuk menghindari tangkapan predator, zebra bergaris untuk alasan sosial, zebra bergaris untuk tetap dingin, atau mereka memiliki garis-garis untuk menghindari serangan gigitan lalat.

Hanya gagasan terakhir yang bertahan untuk penelitian lebih lanjut. Dan penelitian terbaru kami dapat memuat lebih banyak detail tentang alasannya.

Apa keuntungan garis-garis zebra?

Bisakah garis-garis yang dimiliki membantu zebra menghindari menjadi makanan predator? Ada banyak masalah dengan ide ini. Eksperimen lapangan menunjukkan bahwa zebra menonjol di mata manusia ketika mereka berada di antara pohon-pohon atau di padang rumput, bahkan ketika pencahayaan buruk - mereka tidak tersamarkan.

Dan ketika melarikan diri dari bahaya, zebra tidak berperilaku untuk memaksimalkan kebingungan yang mungkin disebabkan oleh garis-garis yang dimiliki, membuat ide-ide tentang menghindari pemangsa tidak dapat dipertahankan.

Lebih buruk lagi untuk ide ini, penglihatan singa dan hyena untuk melihat jarak jauh lebih lemah dari kita manusia; predator ini hanya dapat melihat jelas garis-garis zebra pada jarak yang sangat dekat, pada jarak ketika mereka mungkin bisa mendengar atau mencium bau mangsa.

Jadi garis-garis zebra tidak mungkin banyak digunakan dalam pertahanan anti-predator.

Yang paling berbahaya, zebra adalah mangsa yang disukai singa - dalam berbagai penelitian di seluruh Afrika, singa membunuh zebra dalam jumlah lebih dari kelimpahan numerik mereka. Jadi garis-garis yang dimiliki zebra tidak bisa menjadi pertahanan anti-predator yang sangat efektif melawan karnivora ini.

Bagaimana dengan gagasan bahwa garis-garis yang dimiliki membantu zebra berinteraksi dengan anggota spesies mereka sendiri?

Setiap zebra memiliki pola garis yang unik. Bisakah itu berguna untuk mengenal satu sama lainnya? Kemungkinan ini tampak sangat tidak mungkin mengingat bahwa kuda domestik yang berwarna seragam dapat mengenali sesamanya melalui penglihatan dan suara.

Anggota keluarga kuda yang bergaris tidak saling mengurus sesamanya - suatu bentuk ikatan sosial - lebih dari spesies kuda lain. Dan sangat tidak biasa zebra tanpa garis tidak dijauhi oleh anggota grup, dan mereka berkembang biak dengan baik.

Bagaimana dengan semacam pertahanan melawan matahari Afrika yang panas? Mengingat bahwa garis-garis hitam mungkin diharapkan untuk menyerap radiasi dan garis-garis putih memantulkannya, satu gagasan mengusulkan bahwa garis-garis tersebut mengatur arus udara arah vertikal di sepanjang punggung hewan, dengan demikian mendinginkannya.

Eksperimen lapangan menguji bagaimana berbagai pola pewarnaan mempengaruhi suhu barel yang diisi air.Gábor Horváth dalam Laporan Ilmiah, CC BY Eksperimen lapangan menguji bagaimana berbagai pola pewarnaan mempengaruhi suhu barel yang diisi air.

Sekali lagi, ini tampaknya mustahil: eksperimen barel-barel air besar dibungkus dengan kulit yang bergaris-garis atau seragam, atau dicat bergaris atau tidak bergaris, menunjukkan tidak ada perbedaan dalam suhu air bagian dalam.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X