Studi Ungkap Risiko Tertular Virus Corona Covid-19 di Kereta

Kompas.com - 05/08/2020, 18:05 WIB
Ilustrasi kereta PIXABAY/tookapicIlustrasi kereta

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 mengubah cara kita hidup sehari-hari. Pasalnya, selalu ada risiko infeksi Covid-19 hingga vaksinnya ditemukan.

Terbaru, para peneliti mengungkapkan risiko seseorang terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 jika menggunakan kereta.

Hasilnya mengungkapkan bahwa tingkat risiko bervariasi dari hampir 0 persen sampai 10 persen tergantung dari lokasi duduk.

Risiko paling tinggi adalah ketika Anda duduk dekat orang yang terinfeksi. Sementara itu, jika Anda duduk jauh dari orang yang terinfeksi, maka risikonya tergolong rendah.

Baca juga: Covid-19 Belum Bisa Disebut sebagai Virus Musiman seperti Flu, Ini Penjelasan Ahli

Dipaparkan dalam jurnal Clinical Infectious Diseases, para peneliti mendapatkan hasil ini setelah menganalisis ribuan penumpang yang menggunakan G-series train, kereta berkecepatan tinggi di China, antara pertengahan Desember 2019 hingga akhir Februari 2020.

Periode itu mencakup masa sebelum terjadinya wabah Covid-19 hingga puncak Covid-19 di China.

Dari seluruh penumpang, ada 2.300 orang yang ditemukan mengalami Covid-19 dalam 14 hari sejak mereka menggunakan G-train. Mereka disebut sebagai pasien index.

Tim peneliti juga mengidentifikasikan 72.000 penumpang yang duduk dalam jarak tiga baris horizontal dan lima baris vertikal di sekitar 2.300 orang ini.

Dari 72.000 orang tersebut, hanya 234 yang kemudian mengalami Covid-19 terkait penggunaan G-series train. Artinya, risiko terinfeksi secara keseluruhan di kereta ini hanyalah 0,32 persen.

Baca juga: Studi: Anak Balita Berpeluang Tinggi Menularkan Covid-19

Namun, ketika para peneliti melihat posisi duduk mereka, hasilnya menunjukkan bahwa orang-orang yang duduk tepat di samping orang yang terinfeksi memiliki risiko paling tinggi tertular Covid-19, dengan rata-rata risiko 3,5 persen.

Halaman:

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X