Binatang Peliharaan Bisa Terinfeksi Corona dan Berpotensi Menularkan

Kompas.com - 05/08/2020, 17:02 WIB
Ilustrasi hewan peliharaan, kucing. SHUTTERSTOCKIlustrasi hewan peliharaan, kucing.

KOMPAS.com - Manusia yang terinfeksi virus corona bisa menulari binatang peliharaan di rumah. Cara penularan sebaliknya amat jarang, tapi tetap ada binatang yang bisa menulari manusia.

Para peneliti di Italia melakukan tes terhadap 540 anjing dan 277 kucing yang dipelihara di rumah pasien Covid-19, atau di kawasan yang paling parah dilanda pandemi, seperti di Lombardi.

Hasilnya, para peneliti dapat melacak antibodi virus corona pada 3,4 persen anjing dan 3,9 persen kucing yang dites.

Baca juga: Studi: Anak Balita Berpeluang Tinggi Menularkan Covid-19

Penelitian dengan binatang dalam jumlah cukup besar ini, menegaskan dugaan, hewan peliharaan di rumah bisa tertular Virus SARS-CoV-2 dari manusia.

Sementara cara penularan sebaliknya nyaris tidak mungkin terjadi.

Disebut nyaris, karena tetap ada binatang yang bisa menginfeksi manusia dengan Covid-19.

Tes swab dari mulut, hidung dan tenggorokan anjing serta kucing yang terinfeksi virus corona, menunjukkan hasil negatif.

Pembuangan virus lewat kotoran berakhir setelah dua minggu. Tes pada binatang rumah itu dilakukan antara Maret hingga Mei 2020.

Binatang rumahan bukan penular virus

Hasil riset skala besar itu tidak lagi mengejutkan para ilmuwan.

“Hasilnya menegaskan apa yang sudah kami ketahui“, kata Thomas Mettenleiter, presiden Friedrich-Loeffler-Instituts (FLI) di Greifswald, Jerman.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X