Kenapa Anak Hiperaktif Tak Boleh Diberi Makanan Manis dan Gula?

Kompas.com - 05/08/2020, 12:07 WIB
Ilustrasi anak hiperaktif SHUTTERSTOCK/ Tatyana DzemilevaIlustrasi anak hiperaktif

KOMPAS.com - Jika Anda memiliki anak hiperaktif, sebaiknya jangan beri asupan makanan atau minuman manis yang mengandung gula.

Dokter Spesialis Anak, dr Herbowo Agung F Soetomenggolo SpA(K), mengatakan, tidak memberi asupan gula juga sangat berlaku pada anak yang terlalu aktif dan masuk kategori gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktif (GPPH).

GPPH ini juga dikenal dalam singkatan penurunan bahasa Inggris, yaitu attention deficit hiperactivity disorder ( ADHD).

Lantas, kenapa anak yang hiperaktif seperti GPPH tidak boleh banyak mengonsumsi gula?

Baca juga: Punya Anak ADHD? Ini 6 Saran Dokter Anak untuk Para Orangtua

Herbowo menjelaskan, anak dengan GPPH pada dasarnya adalah yang selalu aktif secara fisik.

Suka berlarian, berkejar-kejaran, menggoyang-goyangkan kaki, dan lain sebagainya terkait aktivitas fisik. Terpenting, ciri anak GPPH adalah aktivitasnya mengganggu orang lain di sekitarnya.

Ketika anak yang sangat aktif diberi asupan makanan atau minuman manis mengandung gula, ini akan membuat energinya meningkat.

Hal ini membuat anak akan semakin aktif bergerak dan pada akhirnya mereka lebih sulit untuk diam.

" Gula itu bikin enggak bisa diam. Padahal, tujuan kita itu bikin anak GPPH diam. Makanya, kita hindari (konsumsi) gula dan karbohidrat itu dianjurkan," kata Herbowo dalam webinar Johnson & Johson: Menjaga Kesehatan pada Anak dengan ADHD di Masa New Normal, Jumat (24/7/2020).

Herbowo mengingatkan, asupan yang mengandung gula itu bukan hanya makanan yang manis-manis seperti permen, kue, sirup, dan susu, melainkan juga termasuk makanan yang mengandung karbohidrat sederhana seperti nasi putih, kentang tanpa kulit, makanan menggunakan tepung, dan makanan manis.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X