Kompas.com - 04/08/2020, 13:08 WIB
Mars diyakini pernah punya laut dan sungai seperti yang ada di Bumi. ESA/DLR/FU BERLIN via BBC INDONESIAMars diyakini pernah punya laut dan sungai seperti yang ada di Bumi.

KOMPAS.com - Pengetahuan sebelumnya mengatakan bahwa air pernah mengalir di mars. Kebenaran atas klaim tersebut masih terus diteliti para ahli hingga kini.

Studi terbaru yang terbit di Nature Geoscience, Senin (3/8/2020) menunjukkan bahwa lembah-lembah di planet merah tercipta karena gletser es, bukan sungai.

Studi ini terang saja menimbulkan keraguan pada teori sebelumnya yang mengatakan bahwa mars pernah memiliki iklim hangat dan dialiri air berlimpah.

Baca juga: Pesawat Ruang Angkasa ESA Tangkap Awan Misterius di Atas Gunung Berapi Mars, Apa Itu?

Temuan ini dilakukan oleh peneliti dari Kanada dan AS yang memeriksa lebih dari 10.000 lembah mars dan membandingkannya dengan saluran di bumi yang diukir di bawah gletser.

"Selama 40 tahun terakhir, sejak lembah mars pertama kali ditemukan, asumsinya adalah ada sungai yang pernah mengalir di mars, mengikis, kemudian akibat dari pengikisan itu adalah lembah yang terlihat saat ini," kata pemimpin penulis Anna Grau Galofre dalam sebuah pernyataan yang dirilis University of British Columbia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Namun formasi ini memiliki banyak variasi. Ini menunjukkan bahwa ada banyak proses yang berperan dalam pembentukan limbah," tambahnya seperti dilansir AFP, Selasa (4/8/2020).

Para peneliti menemukan kesamaan antara beberapa lembah di mars dengan saluran subglacial Pulau Devon di Arktik Kanada.

Tempat pelatihan misi ruang angkasa NASA itu juga dijuluki "Mars di Bumi" karena kondisinya yang gersang dan beku.

Para penulis studi mengatakan, temuan mereka menunjukkan bahwa beberapa lembah Mars bisa saja terbentuk sekitar 3,8 miliar tahun lalu oleh air lelehan di bawah lapisan es.

Ini selaras dengan pemodelan iklim yang menunjukkan bahwa mars jauh lebih dingin di zaman purba.

Halaman:


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.