Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/08/2020, 07:21 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

KOMPAS.com - Tes Covid-19 yang hasilnya dapat keluar dalam waktu 90 menit, dan disebut dapat 'menyelamatkan nyawa', akan tersedia di rumah perawatan orang tua (care homes) dan laboratorium Inggris mulai minggu depan.

Tes swab "di tempat" dan tes DNA akan membantu membedakan antara Covid-19 dan penyakit musiman lainnya, kata pemerintah Inggris.

Sekretaris kesehatan Inggris mengatakan tes ini akan "sangat bermanfaat" selama musim dingin.

Saat ini, tiga perempat hasil tes keluar dalam waktu 24 jam dan seperempatnya bisa memakan waktu hingga dua hari.

Baca juga: Obat Corona, Ini Update Immunomodulator Herbal LIPI untuk Pasien Covid-19

Pengumuman itu datang ketika target pemerintah di bulan Juli, untuk secara teratur menguji staf dan mereka yang ada di rumah perawatan, tertunda karena jumlah kit pengujian yang terbatas.

Hampir setengah juta dari alat tes swab cepat yang baru itu akan tersedia mulai minggu depan di rumah perawatan dan laboratorium, dan jutaan lainnya akan didistribuskan akhir tahun ini.

Selain itu, ribuan mesin uji DNA, yang telah digunakan di delapan rumah sakit di London dan dapat menganalisis tes usap hidung, akan diluncurkan di rumah sakit NHS mulai September.

Sekitar 5.000 mesin itu dapat melakukan 5,8 juta pengujian dalam beberapa bulan mendatang, kata departemen itu.

Sekretaris Kesehatan Matt Hancock menggambarkan inovasi terbaru dalam pengujian virus corona ini sebagai "penyelamat hidup".

Dia menambahkan: "Jutaan alat tes cepat yang baru ini akan mengeluarkan hasil tes dalam waktu kurang dari 90 menit, sehingga membantu kita memutuskan rantai penularan dengan cepat.

"Fakta bahwa tes-tes ini dapat mendeteksi flu dan Covid-19 akan sangat bermanfaat saat kita memasuki musim dingin, sehingga pasien dapat mengikuti saran yang tepat untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain."

Sangat akurat

Profesor Chris Toumazou, salah satu pendiri DnaNudge yang memasok mesin-mesin yang menyediakan tes tersebut mengatakan bahwa tes Covid-19 yang cepat dan sangat akurat itu dapat digunakan di mana saja.

Ilustrasi tes swab (tes usap).Shutterstock Ilustrasi tes swab (tes usap).

Gordon Sanghera, kepala eksekutif Oxford Nanopore, yang memasok tes itu, mengatakan mereka memiliki potensi untuk memberikan "solusi terkait pengetesan Covid-19 secara global".

Pengujian rutin terhadap penghuni dan staf rumah perawatan seharusnya dimulai pada 6 Juli, tetapi para pejabat mengatakan hal itu mungkin tidak dapat dilakukan sampai akhir minggu pertama September.

Baca juga: PBB: Hampir 7 Juta Anak Terancam Stunting Akibat Pandemi Covid-19

Sementara itu, para peneliti mendesak agar pasien yang pulih dari Covid-19 untuk menyumbangkan plasma darah mereka - untuk membantu staf medis NHS mengobati orang yang jatuh sakit dalam beberapa bulan mendatang.

Percobaan besar sedang berlangsung untuk melihat seberapa efektif transfusi plasma darah ke pasien yang berjuang untuk mengembangkan respon imun mereka.

Jumlah orang yang meninggal akibat virus corona di Inggris mencapai 46.201.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com