Nyeri Pinggang hingga Kencing Darah, Kenali Gejala Batu Tanduk Rusa Ginjal

Kompas.com - 03/08/2020, 18:03 WIB
Ilustrasi globalmomentsIlustrasi


KOMPAS.com- Bagi Anda yang seringkali merasakan sakit atau nyeri pinggang, secara tiba-tiba tanpa dipengaruhi oleh gerakan bisa jadi itu adalah gejala dari penyakit ginjal.

Salah satu penyakit ginjal yang bisa menyebabkan nyeri di pinggang adalah batu ginjal, dan yang telah membesar disebut dengan batu tanduk rusa ginjal (staghorn stone).

"Batu ginjal itu yang bikin sering nyeri di pinggang tanpa ada pengaruh gerakan, dan parahnya jika itu batu ginjal membesar, akan memenuhi ruangan di ginjal dan bentuknya seperti tanduk rusa makanya disebut batu ginjal tanduk rusa," kata Dr Ponco Birowo SpU(K) PhD, seorang Dokter spesialis urologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI)- RS Cipto Mengunkusumo.

Ponco menjelaskan batu tanduk rusa ginjal (staghorn stone) mempunyai cabang-cabang yang terdapat di pelvis sampai mengenai dua atau lebih kaliks renalis, sehingga membentuk gambaran seperti tanduk rusa, besar kecilnya batu ini tergantung dari ukuran ginjal masing-masing penderita.

Baca juga: Benarkah Nyeri Pinggang Tanda Sakit Ginjal? Ini Penjelasan Ahli

"Kalau mengikuti kontur yang ada di dalam ginjal bentuknya seperti tanduk rusa," kata Ponco dalam diskusi daring bertajuk Teknik Operasi untuk Menghancurkan Batu Tanduk Rusa Ginjal tanpa Radiasi, Rabu (29/7/2020).

Untuk diketahui, batu ginjal itu sendiri diakibatkan terbentuknya material keras yang menyerupai batu yang terdiri dari kristal dan matriks organik.

Hingga saat ini masih belum belum ada data mengenai prevalensi batu ginjal tanduk rusa di Indonesia, tetapi menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013, prevalensi batu ginjal di Indonesia adalah 0,6 persen.

ilustrasi ginjal, penyakit ginjal ilustrasi ginjal, penyakit ginjal

Baca juga: Hipertensi dan Diabetes Jadi Penyebab Utama Ginjal Kronik di Indonesia

Gejala batu tanduk rusa ginjal

Ponco menyebutkan, gejala batu ginjal seringkali muncul apabila batu sudah berukuran besar dan tertahan dalam ginjal, berpindah ke dalam ureter, atau saat terjadi infeksi.

Kondisi tersebut akan menimbulkan nyeri hebat yang disebut dengan nyeri kolik ginjal.

Oleh sebab itu, Ponco menegaskan Anda perlu mewaspadai adanya penyakit batu tanduk rusa ginjal ini jika mengalami berbagai gejala seperti berikut.

1. Nyeri Pinggang

Gejala atau keluhan nyeri pinggang, bisa berupa nyeri kolik maupun non kolik.

Nyeri kolik terjadi karena aktivitas peristaltik otot polos sistem kalises meningkat dalam usaha untuk mengeluarkan batu dari saluran kemih.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X