Prestasi Bersejarah, SpaceX Sukses Pulangkan 2 Astronot NASA ke Bumi

Kompas.com - 03/08/2020, 09:16 WIB
Astronot NASA Robert Behnken mengacungkan jempol saat akan naik pesawat di Naval Air Station Pensacola untuk pulang ke Houston. Potret ini diambil beberapa jam setelah dirinya dan astronot Douglas Hurley mendarat dari SpaceX Crew. BILL INGALLSAstronot NASA Robert Behnken mengacungkan jempol saat akan naik pesawat di Naval Air Station Pensacola untuk pulang ke Houston. Potret ini diambil beberapa jam setelah dirinya dan astronot Douglas Hurley mendarat dari SpaceX Crew.

KOMPAS.com - SpaceX baru saja mencapai prestasi bersejarah, yakni memulangkan manusia dari luar angkasa ke Bumi.

Ini juga merupakan salah satu mimpi pendiri SpaceX, Elon Musk, yang akhirnya terwujud, mengirim manusia ke dan dari luar angkasa.

Pada Minggu (2/8/2020) sore, astronot NASA Bob Behnken dan Doug Hurley kembali ke Bumi setelah menyelesaikan misi tinggal di orbit yang jaraknya 27 juta mil dari Bumi selama lebih dari dua bulan.

Kedua astronot pulang dengan pesawat ruang angkasa Crew Dragon milik SpaceX. Kapsul berbentuk kerucut yang digunakan mendarat pada Minggu pukul 14.48 ET atau Senin (3/8/2020) pukul 1.48 WIB dini hari di Teluk Meksiko dekat Pensacola, Florida.

Baca juga: Polusi Cahaya Satelit SpaceX Merusak Gambar Komet Neowise

Bob Behnken dan Doug Hurley menghabiskan 63 hari di Stasiun Luar Angkasa (ISS) sebelum akhirnya pulang.

Kapsul itu sukses melewati 3.500 derajat Fahrenheit (1.926 derajat Celsius) atmosfer Bumi, mengembangkan parasut berisiko tinggi, dan melakukan pendaratan terakhir.

Foto yang dirilis NASA menunjukkan, pesawat ruang angkasa SpaceX Crew Dragon Endeavour mendarat bersama astronot NASA Robert Behnken dan Douglas Hurley di atas kapal di Teluk Meksiko di lepas pantai Pensacola, Florida, pada 2 Agustus 2020. Foto yang dirilis NASA menunjukkan, pesawat ruang angkasa SpaceX Crew Dragon Endeavour mendarat bersama astronot NASA Robert Behnken dan Douglas Hurley di atas kapal di Teluk Meksiko di lepas pantai Pensacola, Florida, pada 2 Agustus 2020.

Dilansir Business Insider, Senin (3/8/2020) SpaceX memiliki kontrak senilai 2,7 miliar dollar AS (setara Rp 39,65 triliun) dengan Commercial Crew Program NASA untuk merancang, membuat, dan mengoperasikan kendaraan.

Uang itu membantu SpaceX menciptakan berbagai hal yang diperlukan untuk spaceflight dan mendanai sekitar 6 misi di masa depan, termasuk penerbangan Behnken dan Hurley yang diluncurkan tanggal 30 Mei 2020.

Foto yang dirilis NASA astronot NASA Robert Behnken (kiri) dan Douglas Hurley (kanan) terlihat di dalam pesawat ruang angkasa SpaceX Crew Dragon Endeavour di atas kapal SpaceX GO Navigator recovery ship setelah mendarat di Teluk Meksiko di lepas pantai Pensacola, Florida pada 2 Agustus 2020. BILL INGALLS Foto yang dirilis NASA astronot NASA Robert Behnken (kiri) dan Douglas Hurley (kanan) terlihat di dalam pesawat ruang angkasa SpaceX Crew Dragon Endeavour di atas kapal SpaceX GO Navigator recovery ship setelah mendarat di Teluk Meksiko di lepas pantai Pensacola, Florida pada 2 Agustus 2020.

Dengan kesuksesan peluncuran Behnken dan Hurley dua bulan lalu, SpaceX berhasil mewujudkan misi berawak pesawat ruang angkasa dari AS yang gagal sembilan tahun lalu.

Baca juga: SpaceX dan Ilmuwan Kita

SpaceX juga telah membantu NASA untuk kembali mencapai ISS.

Misi berikutnya, perusahaan Elon Musk diharapkan dapat membantu NASA mengirim manusia ke Bulan dan akhirnya Mars.

"Kami tidak ingin membeli, memiliki, mengoperasikan perangkat keras seperti dulu. Kami hanya akan menjadi salah satu pelanggan di pasar komersial yang membantu penerbangan ke orbit rendah Bumi," kata Jim Bridenstine, administrator NASA saat siaran TV NASA merekam pendaratan SpaceX.

"Ini adalah era baru dalam spaceflight manusia, di mana NASA menjadi pelanggan. Kami inin menjadi pelanggan ang kuat, kami ingin menjadi mitra hebat. Namun, kami tidak ingin menjadi satu-satunya manusia di luar angkasa," imbuh dia.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X