Kompas.com - 02/08/2020, 17:03 WIB
Deadpool Fly CSIRO/ MarvelDeadpool Fly

KOMPAS.comLalat memang identik dengan serangga yang kerap mengerumuni tong sampah, serta sumber dari banyak penyakit. Namun di Australia, lalat bisa jadi sangat ganas bahkan dijuluki lalat pembunuh.

Para ilmuwan di lembaga ilmu pengetahuan Australia, Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO), baru-baru ini mengklasifikasikan lima jenis lalat pembunuh dalam kelompok “assassin flies”.

Tak hanya itu, para ilmuwan pun menamai lalat-lalat pembunuh ini dengan nama pahlawan super.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Kenapa Kelelawar Tidur Terbalik?

Mengutip Live Science, Minggu (2/8/2020), nama-nama itu diberikan karena karakteristik warnanya yang mirip dengan pahlawan super Marvel. Salah satu lalat memiliki warna merah dan hitam pada bagian tubuhnya, sehingga dinamai Deadpool.

“Kami menamai spesies ini Humorolethalis sergius. Terdengar seperti humor yang berasal dari kata latin Humorosus, yang berarti basah atau lembap, dan lethalis yang berarti mati,” tutur ahli serangga CSRIO Bryan Lessard.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Kadal Bisa Menumbuhkan Ekor Lebih dari Satu

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Empat jenis lalat pembunuh yang juga dinamai pahlawan super Marvel antara lain:

1. Black Widow Fly (Daptolestes feminategus) yang berarti wanita mengenakan baju kulit
2. Thor Fly (Daptolestes bronteflavus) yang berarti petir yang kencang
3. Loki Fly (Daptolestes illusiolautus) yang berarti penipu elegan
4. Stan Lee Fly (Daptolestes leei), yang memiliki mata berwarna hitam dan kumis putih.

Assassin flies, yang memiliki nama family Asilidae, adalah serangga tipe agrasif yang memangsa serangga lain. Biasanya mereka menunggu mangsa di balik semak-semak, kemudian menyemprotkan saliva (air liur) mereka yang beracun.

Asilidae adalah famili dengan lebih dari 7.000 jenis spesies. Penelitian ini telah dimuat dalam jurnal Austral Entomology.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X