Hujan Asteroid Hantam Bumi dan Bulan 800 Juta Tahun Lalu, Ini Buktinya

Kompas.com - 24/07/2020, 08:04 WIB
ilustrasi hujan asteroid cnnilustrasi hujan asteroid

KOMPAS.com - Bumi punya sejarah panjang sebelum akhirnya bisa dihuni oleh manusia seperti sekarang ini.

Banyak peristiwa yang terjadi dan juga insiden yang membentuknya. Salah satunya adalah hujan asteroid yang menghujani bumi dan bulan 800 juta tahun yang lalu.

Seperti dikutip dari CNN, Kamis (23/7/2020) hal tersebut terungkap dalam sebuah studi baru yang dipublikasikan di jurnal Nature Communications.

Berdasarkan penelitian tersebut, hujan asteroid yang mengerikan itu sangat masif dan asteroid yang menghantam bumi jauh lebih besar ukurannya daripada asteroid yang bertanggung jawab atas kepunahan dinosaurus 66 juta tahun yang lalu.

Baca juga: Studi Baru: Dinosaurus Punah karena Asteroid Bukan Letusan Gunung Berapi

Hal tersebut berdampak luar biasa.

Di masa tersebut, Bumi ditutupi es dan terjadi perubahan lingkungan dan biologis yang hebat.

"Tak aneh bahwa hujan asteroid 800 juta tahun lalu memicu zaman es yang lebih besar dampaknya dari hantaman asteroid pemicu kepunahan dinosaurus," ungkap Kentaro Terada, peneliti dan profesor di Osaka Univerity, Jepang.

Dalam studi teranyar ini, peneliti menggunakan data-data yang dikumpulkan oleh pengorbit bulan Kaguya, miliki Badan Antariksa Jepang.

Mengapa memilih menggunakan data dari Bulan?

Bukti-bukti dari dampak insiden hujan asteroid itu susah ditemukan di bumi. Ini karena adanya erosi dan pelapisan ulang yang terjadi di Bumi akibat gunung berapi dan proses geologis lainnya.

Setiap kawah yang tercipta sebelum 600 juta tahun yang lalu, menurut peniliti sudah hilang.

Baca juga: Peneliti Ungkap Kedahsyatan Asteroid yang Musnahkan Dinosaurus

Halaman:


Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X