Kompas.com - 18/07/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi lobster. Ilmuwan teliti sperma lobster untuk melihat dampak perubahan iklim pada kelangsungan hidup spesies. WIKIMEDIA COMMONS/Ed BiermanIlustrasi lobster. Ilmuwan teliti sperma lobster untuk melihat dampak perubahan iklim pada kelangsungan hidup spesies.

KOMPAS.com - Ilmuwan di University of New Hampshire telah mengidentifikasi cara yang lebih cepat untuk menghitung sperma pada lobster.

Metode ini diklaim dapat membantu mereka melihat hewan apapun dalam memahami perkawinan, aspek kunci dari kelangsungan hidup spesies.

Seperti dilansir dari Phys, Sabtu (18/7/2020), profesor emeritus biologi kelautan, Win Watson mengatakan dulu para ilmuwan harus menggunakan metode yang sangat membosankan serta mahal untuk menghitungnya.

"Sekarang setelah teknologi DNA menjadi begitu mudah diakses dan terjangkau, kami memutuskan untuk mencobanya dan itu bekerja dengan baik," ungkap Watson.

Baca juga: Soal Benih Lobster, Ahli Paparkan Dampak dan Peraturan Penangkapannya

Dampak perubahan iklim pada reproduksi lobster

Teknik penghitungan sperma hewan in telah dijelaskan dalam studi yang telah dipublikasikan baru-baru ini dalam Journal Crustacean Biology.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.

Para peneliti menjelaskan bagaimana mereka ingin lebih memahami dampak perubahan iklim dapat mengubah reproduksi lobster.

Dampak tersebut disebut dapat memengaruhi jumlah sperma yang bisa dihasilkan oleh lobster jantan.

Lobster sebelum dilepaskan ke laut di Kawasan Konservasi Tambling, Lampung, Kamis (23/1/2020). Petugas Bakamla mengamankan sekitaran 30 ekor lobster yang terjebak jaring nelayan saat melakukan patroli laut sekitar daerah Batu Tiang, Kawasan Way Haru, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Lobster sebelum dilepaskan ke laut di Kawasan Konservasi Tambling, Lampung, Kamis (23/1/2020). Petugas Bakamla mengamankan sekitaran 30 ekor lobster yang terjebak jaring nelayan saat melakukan patroli laut sekitar daerah Batu Tiang, Kawasan Way Haru, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.