Pengobatan Pasien Covid-19, Peneliti Universitas Indonesia Teliti Sel Punca Tali Pusat

Kompas.com - 18/07/2020, 10:01 WIB
Produk sel punca mesenkimal tali pusat yang diproduksi di Laboratorium UPT Teknologi Kedokteran Sel Punca RSCM-FK UI-KF. Cairan infus berisi 65 juta sel punca mesenkimal ini diberikan kepada pasien Covid-19 sebagai salah satu pengobatan. DOC/FK/Universitas IndonesiaProduk sel punca mesenkimal tali pusat yang diproduksi di Laboratorium UPT Teknologi Kedokteran Sel Punca RSCM-FK UI-KF. Cairan infus berisi 65 juta sel punca mesenkimal ini diberikan kepada pasien Covid-19 sebagai salah satu pengobatan.


KOMPAS.com - Riset terkait terapi atau pengobatan bagi pasien Covid-19 menjadi salah satu prioritas yang dilakukan para peneliti di Universitas Indonesia.

Kali ini, penelitian dilakukan pada sel punca mesenkimal asal tali pusat sebagai terapi adjuvan pada pasien pneumonia Covid-19 berat dan kritis.

Melalui rilis kepada Kompas.com, Jumat (17/7/2020), riset gabungan ini dilakukan para peneliti dari Fakultas Kedokteran UI/RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo beserta tim dari RSUI, RSUP Persahabatan, dan RSPI Sulianti Saroso.

Saat ini, penelitian tersebut telah memasuki uji klinis dan hingga 15 Juli 2020, sebanyak 15 pasien Covid-19 telah diberikan infus intravena sel punca mesenkimal, atau infus NaCl 0,9 persen saja, sebagai kontrol, dengan hasil perbaikan klinis yang berarti.

Baca juga: Ilmuwan Sukses Gunakan Sel Punca untuk Sembuhkan Diabetes pada Tikus

Dokter spesialis paru, yang juga salah satu tim riset, Dr Erlina Burhan mengatakan salah satu uji klinis yang dilakukan pada 20 Mei 2020 lalu, pasien Covid-19 yang memenuhi kriteria inklusidi RSCM telah diberikan infus intravena sel punca mesenkimal sebanyak 65 juta sel.

"Pasien ini merupakan pasien pertama penderita Covid-19 di Indonesia yang memperoleh pengobatan menggunakan sel punca mesenkimal dan berhasil sembuh," kata dr Erlina.

Adapun sel punca yang digunakan merupakan sel punca mesenkimal alogenik yang berasal dari tali pusat yang diproduksi di Laboratorium UPT Teknologi Kedokteran Sel Punca RSCM-FKUI-KF.

Ilustrasi sel puncaShutterstock Ilustrasi sel punca

Baca juga: Pengobatan Corona: Obat Pengencer Darah Bisa Selamatkan Pasien Covid-19

Lebih lanjut dr Erlina menjelaskan terkait mekanisme sel punca mesenkimal ini. Sel punca yang diberikan melalui infus intravena akan tersangkut dalam kapiler-kapiler paru, maupun beredar sistematik menuju organ-organ lain yang mengalami kerusakan.

“Diduga sel punca mesenkimal dapat meningkatkan ketahanan hidup pasien Covid-19 derajat berat dan kritis," kata dr Erlina.

Sebab, melalui kemampuan sel punca ini sebagai imunomodulator dan anti-inflamasi dapat mengatasi badai sitokin.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X