Benarkah Golongan Darah Berhubungan dengan Risiko Terinfeksi Covid-19?

Kompas.com - 16/07/2020, 17:02 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Orang dengan golongan darah O mungkin memiliki sedikit keuntungan di tengah pandemi Covid-19. Hal ini berdasar sejumlah bukti penelitian awal.

Penelitian yang terbit akhir pekan menemukan bahwa pasien dengan golongan darah O memiliki risiko terinfeksi Covid-19 lebih kecil dibanding pasien dengan golongan darah A, B, atau AB.

Sebuah penelitian yang terbit di bulan April menemukan hasil yang sama.

Riset yang belum ditinjau rekan sejawat tersebut menganalisis 1.559 pasien Covid-19 di New York City dan menemukan bahwa golongan darah O berpeluang lebih kecil terinfeksi virus corona SARS-CoV-2.

Baca juga: Studi: Golongan Darah Pengaruhi Risiko Keparahan Infeksi Covid-19

Penelitian lain telah melaporkan hubungan antara golongan darah dan tingkat keparahan infeksi pasien Covid-19, tapi kedua penelitian ini tidak mempelajari hubungan tersebut.

Secara keseluruhan, para ahli masih belum memastikan apakah golongan darah Anda memengaruhi risiko terinfeksi virus corona dengan signifikan.

"Tidak seorang pun boleh berpikir mereka terlindungi (dari virus corona)," Nicholas Tatonetti, penulis utama penelitian April, mengatakan kepada New York Times.

Golongan darah O dikaitkan dengan risiko tes positif lebih rendah

Studi terbaru tentang golongan darah memeriksa hampir 1.300 pasien Covid-19 yang dirawat di lima rumah sakit di Massachusetts pada bulan Maret hingga April.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa golongan darah O berisiko lebih rendah dari tes positif Covid-19," kata para peneliti seperti dilansir Science Alert, Kamis (16/7/2020).

Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X