Serba-serbi Hewan: Bagaimana dan Kenapa Kunang-kunang Menyala?

Kompas.com - 15/07/2020, 10:03 WIB
Ilustrasi kunang-kunang ShutterstockIlustrasi kunang-kunang

KOMPAS.com - Kunang-kunang. Saat membayangkan hewan ini, mungkin sebagian besar dari kita akan mengingat hewan kecil yang sedang terbang dan menyala dalam kegelapan.

Namun, tahukah Anda dari mana asal lampu kunang-kunang? Kenapa mereka bisa menyala dalam gelap?

Cahaya yang dikeluarkan kunang-kunang berasal dari perut bagian bawah.

Cahaya ini dihasilkan oleh photocytes (lapisan kecil sel reflektif) yang mengeluarkan cahaya berwarna kuning kehijauan. Di dalam sel reflektif ini terdapat sebuah organel yang disebut peroxizome.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Hiu Paus Punya Ribuan Gigi Kecil di Sekitar Mata

Dilansir Scientific American, Kunang-kunang menghasilkan reaksi kimia di dalam tubuh mereka yang memungkinkannya menyala. Jenis produksi cahaya ini disebut bioluminescence.

Metode di mana kunang-kunang menghasilkan cahaya mungkin adalah contoh paling terkenal dari bioluminescence.

Ketika oksigen, kalsium dan adenosin trifosfat (ATP) dalam peroxizome bereaksi dengan protein luciferin di luciferase dan enzim bioluminescent, cahaya dihasilkan.

Cahaya kunang-kunang berbeda dengan bola lampu. Jika bola lampu menghasilkan cahaya panas, cahaya kunang-kunang adalah cahaya dingin.

Hal ini terjadi karena jika cahaya kunang-kunang panas seperti bola lampu, mereka mungkin akan segera mati saat menyala.

Nah untuk memadamkan cahaya, kunang-kunang akan menghilangkan oksigen.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X