Lagi, Studi Awal Tunjukkan Vaksin BCG Turunkan Angka Kematian Corona

Kompas.com - 11/07/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi vaksin BCG ShutterstockIlustrasi vaksin BCG

KOMPAS.com - Studi awal dari AS tunjukkan vaksin tuberkulosis yang sudah berusia seabad disebut bisa berperan dalam mengurangi angka kematian Covid-19.

Para peneliti dari Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular dari National Institutes of Health membuat tautan ke Bacille Calmette Guerin (BCG) setelah membandingkan data tingkat Covid-19 di seluruh dunia.

Mereka menemukan, beberapa wilayah Amerika Latin termasuk Pernambuco, Rio de Janeiro, Sao Paulo di Brasil, dan Mexico City di Meksiko, memiliki angka kematian jauh lebih rendah dibanding negara bagian AS seperti New York, Illinois, Louisiana, dan Florida.

"Ini luar biasa, mengingat bahwa Amerika Latin memililiki populasi yang lebih banyak dibanding negara-negara Amerika Utara, termasuk New York," kata penulis Carolina Barillas-Mury dalam makalah peer-review yang terbiy di Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, Selasa (7/7/2020).

Baca juga: Harga Vaksin Corona Diperkirakan Rp 75.000 Per Orang, Kapan Siap?

Di Eropa, Jerman juga memiliki hasil mengejutkan. Angka kematian Covid-19 2,9 kali lebih tinggi di wilayah bekas Jerman Barat dibanding bekas Jerman Timur.

Sementara itu, tingkat kematian di Italia empat kali lebih tinggi dibanding Finlandia.

Menurut penelitian, wilayah dengan angka kematian Covid-19 lebih rendah memiliki beragam latar belakang mulai dari usia, pendapatan, dan akses kesehatan. Namun semuanya memiliki satu kesamaan, yakni program vaksinasi BCG untuk mencegah tuberkulosis (TB).

Di Jerman misalnya, imunisasi BCG berbeda dengan sebelum negara itu disatukan pada 1990.

Bekas Jerman Timur munali memberikan vaksinasi BCG untuk mencegah TB satu dekade lebih awal di banding bekas Jerman Barat. Ini berarti, lebih banyak orang Jerman yang tinggal di bagian timur kemungkinan besar telah diberikan vaksin.

Untuk diketahui, orang tua lanjut usia berisiko lebih tinggi terinfeksi Covid-19.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X