Kompas.com - 08/07/2020, 12:02 WIB
Danau di Colorado, AS, yang menjadi hijau karena masifnya pertumbuhan alga. AFP Photo/Isabella OleksyDanau di Colorado, AS, yang menjadi hijau karena masifnya pertumbuhan alga.

KOMPAS.com – Beberapa waktu lalu para ilmuwan di Colorado State University menemukan bahwa danau-danau di kawasan terpencil bagian Barat Amerika Serikat berubah warna menjadi hijau.

Hal itu, tak lain tak bukan, adalah salah satu dampak dari pemanasan global. Data membuktikan konsentrasi alga yang terdapat pada dua danau terpencil itu meningkat sebanyak dua kali lipat dalam 70 tahun terakhir.

Penelitian ini, yang telah dimuat pada jurnal Proceedings of the Royal Society B, menggarisbawahi efek berbahaya dari pemanasan global terhadap perubahan ekosistem alami di wilayah terpencil.

“Bahkan pada danau-danau terpencil yang terdapat pada area konservasi, sidik jari perilaku manusia sangat terlihat,” tutur kepala peneliti dari Colorado State University, Isabella Oleksy, kepada AFP seperti dikutip dari Science Alert, Rabu (8/7/2020).