Umur Anjing Ternyata Lebih Tua dari Pemiliknya, Studi ini Jelaskan

Kompas.com - 03/07/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi anjing dan pemiliknya Ilustrasi anjing dan pemiliknya

KOMPAS.com - Studi baru yang belum lama ini dipublikasikan mengungkapkan umur anjing bisa jadi lebih tua dari yang selama ini kita kira.

Para peneliti menemukan formula yang diklaim cukup akurat untuk menghitung usia anjing berdasarkan perubahan kimiawi pada DNA ketika organisme bertambah tua.

Selama ini aturan paw, menunjukkan satu tahun usia anjing sama dengan 7 tahun, namun ini dibantah oleh para ilmuwan.

Melansir Science Daily, Jumat (3/7/2020), hasil penelitian yang diterbitkan 2 Juli lalu dalam jurnal Cell System menunjukkan formula tepat untuk menghitung umur anjing.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Apakah Anjing Anda Obesitas? Begini Mengeceknya

Anjing berbagi lingkungan yang sama dengan pemiliknya dan menerima standar perawatan kesehatan yang sama dengan manusia. Sedangkan bagi ilmuwan memberikan kesempatan untuk memahami penuaan antar spesies.

Seperti manusia, anjing mengikuti lintasan perkembangan yang sama yang menyebabkan mereka cepat tua, hingga rentan terhadap penyakit yang berkaitan dengan usia dari waktu ke waktu.

Kendati demikian, para peneliti mengakui secara molekuler memahami usia anjing jauh lebih rumit, sebab, penuaan pada spesies ini dapat lebih awal terjadi dan melambat di kemudian hari.

Tiga anjing labrador berbagai warna.lizcen Tiga anjing labrador berbagai warna.