Mengapa Vaksinasi Berkaitan dengan Sistem Kekebalan Tubuh Manusia?

Kompas.com - 03/07/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi vaksinasi anak di masa pandemi Covid-19. ShutterstockIlustrasi vaksinasi anak di masa pandemi Covid-19.


KOMPAS.com- Di tengah pandemi Covid-19 yang telah menginfeksi jutaan manusia pada setengah tahun 2020 ini, masyarakat seringkali mendengarkan pentingnya menjaga sistem kekebalan tubuh, serta upaya mencari vaksin agar membantu mencegah terinfeksi virus SARS-CoV-2.

Lantas apa sebenarnya kaitan vaksinasi dengan sistem kekebalan tubuh manusia?

Dokter Spesialis Anak di RS Pondok Indah, dr Caesar Pronocitro SpA MSc menjelaskan bahwa vaksinasi ini sangat berkaitan erat dengan imunitas atau sistem kekebalan tubuh manusia.

Vaksinasi atau biasa juga disebut dengan imunisasi, kata Caesar, tidak hanya berbicara tentang tindakan yang wajib dilakukan pada anak-anak atau balita saja.

Baca juga: Bingung Vaksinasi Anak Selama Pandemi Covid-19? Ini 5 Anjuran IDAI

Akan tetapi, imunisasi juga berlaku untuk manusia usia remaja, dewasa bahkan lanjut usia atau lansia (geriatri). Serta, berlaku untuk semua gender baik perempuan maupun laki-laki.

"Vaksinasi merupakan bentuk pencegahan penyakit paling efektif dan efisien sehingga telah diterapkan oleh semua negara di dunia," kata Caesar dalam diskusi daring bertajuk Pentingnya Vaksinasi untuk Anak, Rabu (1/7/2020).

Dalam pemaparannya, Caesar membagi sistem kekebalan tubuh menjadi dua yaitu nonspesifik dan spesifik.

Ilustrasi pemberian vaksin atau vaksinasi.Shutterstock.com Ilustrasi pemberian vaksin atau vaksinasi.

Baca juga: Ahli Australia Ungkap Cara Sistem Kekebalan Tubuh Perangi Covid-19

Pada sistem kekebalan tubuh non-spesifik, antibodi yang ada tidak menarget antigen tertentu. Dicontohkannya adalah antibodi untuk lapisan kulit dan makrofag.

Berikutnya adalah sistem kekebalan tubuh spesifik yaitu antibodi yang memiliki target tertentu. Pada, sistem kekebalan tubuh spesifik bekerja lebih cepat dan efektif dalam mengatasi infeksi.

"Ini sistem kekebalan tubuh spesifik ini maksudnya antibodi yang khusus," ujar dia.

Contohnya antibodi khusus ini seperti vaksinasi yang diberikan sebagai antibodi anti-campak, antibodi anti-hepatitis B dan lain sebagainya.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X