Vaksin Bikin Autis? 3 Mitos Vaksinasi Anak yang Tak Usah Dipercaya

Kompas.com - 03/07/2020, 12:31 WIB
Ilustrasi vaksin polio oral Shutterstock/frank60Ilustrasi vaksin polio oral

KOMPAS.com - Vaksinasi atau imunisasi masih menjadi pertimbangan bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia lantaran ada banyak isu negatif yang berkaitan dengan program tersebut.

Banyak mitos terkait vaksinasi yang masih dipercaya oleh sebagian masyarakat dan membuat mereka enggan melakukan pemberian vaksinasi untuk anak-anaknya.

Berikut penjelasan dari tiga contoh mitos terkait vaksinasi dan bagaimana faktanya:

Baca juga: Masih Tak Percaya Vaksinasi Penting? Ini 3 Manfaat Imunisasi

1. Vaksinasi dapat menyebabkan autisme

Dokter Spesialis Anak di RS Pondok Indah, dr Caesar Pronocitro SpA MSc mengatakan banyak masyarakat yang masih percaya vaksinasi dapat menyebabkan autisme. Ini adalah isu hoaks atau informasi palsu.

Dijelaskanya Caesar, hoaks atau kabar palsu itu dahulunya berasal dari penelitian yang mengaitkan vaksin MMR dengan autisme.

Penelitian ini dilakukan seorang dokter bernama Wakefield dengan hanya 18 sampel di tahun 1998 dan sudah dibongkar kesalahan penelitian tersebut sejak tahun 2011.

"Jadi itu (penelitian Wakefield) sudah dinyatakan salah, dibantah dan sudah dibongkar penelitiannya tidak benar," kata Caesar dalam diskusi daring bertajuk Pentingnya Vaksinasi untuk Anak, Rabu (1/7/2020).

Berbagai penelitian lainnya telah dilekukan dengan lebih bertanggungjawab dan sahih, dengan melibatkan sampel yang jauh lebih besar.

Hasilnya menunjukkan bukti bahwa tidak ada kaitannya vaksin MMR yang diberikan sekitar setahun sebelum bertepatan dengan usia di mana gejala-gejala autisme mulai tampak.

Baca juga: Bingung Vaksinasi Anak Selama Pandemi Covid-19? Ini 5 Anjuran IDAI

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X