Kompas.com - 01/07/2020, 18:03 WIB
Sejumlah anak-anak berenang dan menemukan sampah plastik di bantaran Sungai Ciliwung yang tercemar gunung sampah yang ada di Kampung Kedunghalang Lebak, Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Bogor, Jawa Barat, Rabu (25/9/2019). KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSANSejumlah anak-anak berenang dan menemukan sampah plastik di bantaran Sungai Ciliwung yang tercemar gunung sampah yang ada di Kampung Kedunghalang Lebak, Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Bogor, Jawa Barat, Rabu (25/9/2019).

KOMPAS.com - Permasalahan sampah di Sungai Ciliwung sering menjadi sorotan. Banyak upaya yang dilakukan, tetapi masih ada-ada saja masyarakat yang membuang sampah di sungai tersebut.

Jenuh dengan permasalahan sampah di sungai. Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) membuat inovasi Tempat Olahan Sampah Sungai (TOSS) untuk memanfaatkan sampah menjadi energi listrik.

Apa itu TOSS-GCB?

TOSS-GCB adalah konsep pengolahan sampah yaitu sampah rumah tangga dan biomassa, yang berbasis komunitas atau masyarakat yang digagas oleh Supriadi Legino dengan menggunakan teknologi peuyeumisasi (Biodrying), hasil karya inovasi Sonny Djatnika Sundadjaja.

Baca juga: Dampak Covid-19, Sampah APD Mengapung di Laut Mediterania

Program TOSS-GSB ini dilakukan dengan mengubah sampah sungai menjadi briket atau pelet (syntetic gas).

Untuk diketahui, briket atau pelet nantinya bisa dimanfaatkan untuk bahan bakar sehari-hari sebagai pengganti minyak tanah, LPG, bahkan bahan bakar untuk genset atau diesel.

Selain itu, syntetic gas (syngas) mampu menjadi substitusi bensin pada genset atau solar pada mesin disel. Listriknya bisa dimanfaatkan untuk menjernihkan air untuk keperluan mandi, cuci, kakus (MCK) dan kebutuhan lain berbasis listrik.

Dijelaskan oleh Ketua GCB, Peni Susanti bahwa produk ini nantinya bisa juga dimanfaatkan baik untuk keperluan warung hingga industri yang menggunakan broiler seperti tekstil, pupuk, dan pembangkit listrik.

"Secara khusus, program ini dirancang untuk mengolah sampah Sungai menjadi listrik dan diperuntukkan bagi masyarakat di sepanjang aliran Sungai Ciliwung," kata Peni.

Manfaat utama TOSS-GCB

Peni berkata, listrik yang dihasilkan dari unit instalasi TOSS-GCB ini memiliki setidaknya tiga manfaat utama.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X