Gempa Padang Panjang Kemarin Malam, Ingatkan Fenomena Kelam 1926

Kompas.com - 01/07/2020, 13:29 WIB
Ilustrasi gempa bumi ShutterstockIlustrasi gempa bumi

KOMPAS.com - Wilayah Kota Padang Panjang dan sekitarnya pada hari Selasa 30 Juni 2020 pagi dini hari pukul 00.40.08 WIB diguncang gempa tektonik berkekuatan M 4,5 dengan kedalaman dangkal.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalamannya, tampak bahwa gempa ini dipicu aktivitas sumber gempa sesar aktif, yaitu Sesar Besar Sumatra, tepatnya pada Segmen Sianok.

Guncangan gempa ini dirasakan di Padang Panjang cukup kuat mencapai skala intensitas III-IV MMI.

Warga yang sedang tidak tidur panik dan berlarian, sementara warga yang sudah tidur ada yang terbangun karena kuatnya guncangan yang terjadi secara tiba-tiba.

Gempa ini juga dirasakan di Bukit Tinggi, Agam, Padang, Padang Pariaman, dan beberapa tempat lainnya di Sumatra Barat.

Meskipun gempa ini tidak sampai menimbulkan kerusakan, tetapi gempa ini mengingatkan kita pada peristiwa gempa merusak Padang Panjang pada 28 Juni 1926. Gempa dengan kekuatan M 7,6 saat itu juga dipicu oleh aktivitas sesar aktif tepatnya pada Segmen Sianok.

Baca juga: Meksiko Diguncang Gempa M 7,5, Ini Pelajaran Penting untuk Indonesia

Catatan kelam gempa Padang Panjang 1926

Daryono, Kepala Bidang Mitigasi dan Gempabumi BMKG mengatakan, gempa yang terjadi tahun 1926 meluluhlantakkan Kota Padang Panjang dan sekitarnya.

Berdasarkan catatan sejarah, diperkirakan fenomena ini menelan korban jiwa sebanyak 354 orang meninggal dunia.

Setelah 3 jam pasca gempa utama (mainshock), muncul guncangan kuat gempa susulan (aftershock) yang juga mengakibatkan kerusakan di sekitar Danau Singkarak.

Tercatat, di Kabupaten Agam sebanyak 472 rumah roboh di 25 lokasi, 57 orang meninggal, dan 16 orang luka berat.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X