Jangan Asal Konsumsi, Begini Cara Aman Pilih Obat Tradisional

Kompas.com - 30/06/2020, 13:30 WIB
Foto ini diambil pada 20 Februari 2020 menunjukkan seorang pekerja medis mengambil resep obat tradisional China di sebuah rumah sakit di Shenyang di provinsi Liaoning, China timur laut. AFP/STRFoto ini diambil pada 20 Februari 2020 menunjukkan seorang pekerja medis mengambil resep obat tradisional China di sebuah rumah sakit di Shenyang di provinsi Liaoning, China timur laut.

KOMPAS.com - Penggunaan obat tradisional mengalami tren kenaikan sejak tahun 2013 hingga saat ini.

Terlebih saat pandemi Covid-19, banyak orang mulai berburu obat tradisional, baik itu ramuan jadi maupun racikan sendiri.

Dikatakan Direktur Produksi dan Distribusi Kefarmasian, Dr. Dra. Agusdini Banun Saptaningsih, Apt., MARS, dari Kementerian Kesehatan, penggunaan obat tradisional sebenarnya tidak bisa sembarangan dan ada dasar hukumnya.

"Ada pidana apabila ada orang mengedarkan sediaan farmasi (obat, obat tradisional) yang tidak memenuhi standart atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan, dan mutu," kata Agusdini dalam acara Webinar bertajuk Polemik Beragamnya Klaim Temuan Obat dan Jamu Herbal Penangkal Covid-19 yang diselenggarakan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Minggu (28/6/2020).

Baca juga: Infeksi Covid-19 di Indonesia Lampaui 54.000 Kasus, Apa Saja Obatnya?

"Itu semua diatur dalam UU No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, baik di pasal 196 maupun 197," imbuhnya.

Hukum kesehatan tentang obat tradisionalTangkapan layar Webinar/Dr. Dra. Agusdini Banun Saptaningsih, Apt., MARS Hukum kesehatan tentang obat tradisional

Selain itu, Permenkes No. 006 tahun 2012 tentang Industri dan Usaha Obat Tradisional juga menyebutkan bahwa yang dapat memproduksi obat tradisional hanyalah orang yang berkompeten.

Artinya, setiap industri dan usaha obat tradisional berkewajiban menjamin keamanan, khasiat atau manfaat, dan mutu produk obat tradisional yang dihasilkan.

Pemilihan obat tradisional

Dalam memilih obat tradisional, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan, yakni keamanan mutu dan manfaat.

Agusdini pun menjelaskan lebih lanjut ketiga komponen penting dalam pemilihan obat tradisional itu. Berikut penjelasannya:

1. Keamanan

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X