Anak Alergi Sejak Kecil? Kenali Dampak Kesehatan sampai Psikologisnya

Kompas.com - 29/06/2020, 20:30 WIB
Ilustrasi alergi. SHUTTERSTOCKIlustrasi alergi.

KOMPAS.com - Alergi pada anak tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik anak itu saja. Alergi pada anak juga berdampak pada faktor ekonomi, psikologis, dan gangguan tumbuh kembangnya.

Hal tersebut diungkapkan oleh  Konsultan Alergi dan Imunologi Anak, Prof DR dr Budi Setiabudiawan SpA(K) MKes.

Menurut Budi, saat ini sudah bukan lagi masanya untuk menganggap biasa saja mengenai dampak yang bisa ditimbulkan oleh alergi. Sebab, alergi memiliki dampak yang signifikan bagi anak tersebut, keluarga, bahkan masyarakat.

Baca juga: Jangan Anggap Enteng Alergi pada Anak, Ini Alasannya

"Dampak alergi lebih besar dari sekadar gejala yang dialami anak," kata Budi dalam diskusi daring bertajuk "Danone Bicara Gizi: Allergy Prevention", Kamis (25/6/2020).

Selain dampak kesehatan, anak dan orang tua juga dapat menderita dampak psikologis serta konsekuensi sosial dan ekonomi bagi keluarganya. Berikut penjelasan rincinya.

1. Kesehatan

Untuk diketahui, alergi yang dimiliki sejak kelahiran yaitu usia bayi dan balita tak hanya berdampak pada usia tersebut.

Melainkan, berpengaruh terhadap meningkatkan risiko penyakit degeneratif atau penyakit yang umumnya rentan terjadi, ditandai dengan memburuknya suatu jaringan atau organ seiring waktu.

Penyakit degeneratif yang paling berisiko tinggi adalah obesitas, hipertensi, dan sakit jantung.

2. Ekonomi

Dampak alergi yang dialami anak-anak, kata Budi, berkaitan erat dengan persoalan ekonomi. Hal itu terjadi karena akan ada pembiayaan langsung dan tidak langsung dikeluarkan terkait dengan kondisi anak yang masih mengalami alergi.

Jika kondisi fisik anak semakin memburuk akibat alerginya, atau memang memiliki jenis alergi yang sulit diobati, ini termasuk kategori dampak biaya ekonomi secara langsung.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X