Rencana Ambisius WHO Beli 2 Miliar Dosis Vaksin Corona, Apa Tujuannya?

Kompas.com - 29/06/2020, 18:30 WIB
Ilustrasi peneliti melakukan pengembangan vaksin virus corona, covid-19, di laboratorium. Ilustrasi peneliti melakukan pengembangan vaksin virus corona, covid-19, di laboratorium.

KOMPAS.com - WHO dan mitra-mitranya mengungkap sebuah rencana ambisius pada Jumat (26/6/2020), yaitu membeli 2 miliar dosis kandidat vaksin Covid-19.

Dilansir dari Statnews, Jumat (26/6/2020); WHO berencana akan memberikan dosis vaksin-vaksin tersebut ke populasi paling berisiko, seperti petugas medis, orang-orang berusia 65 tahun ke atas dan orang-orang berpenyakit penyerta, di seluruh dunia pada akhir 2021.

Namun, merealisasikan rencana ambisius ini tidak mudah.

WHO dan para mitranya memperkirakan bahwa sebanyak 18,1 miliar dollar atau sekitar Rp 260 triliun dibutuhkan untuk dapat mencapainya, dengan 11,3 miliar dollar atau Rp 162,6 triliun harus dikumpulkan dalam waktu enam bulan ke depan.

Baca juga: Ahli: Kerja Sama Percepat Vaksin Corona dengan Negara Lain Boleh, asalkan...

Selain itu, negara-negara berpenghasilan menengah ke atas hingga atas harus berkomitmen untuk membeli 950 juta dosis dari vaksin ini. Sebagai gantinya, negara-negara yang terlibat akan ditawari saham dari vaksin-vaksin tersebut.

Apa tujuannya?

Pada saat ini, ada begitu banyak kandidat vaksin yang sedang dikembangkan di seluruh dunia untuk melawan Covid-19.

WHO mencatat bahwa ada setidaknya 16 vaksin Covid-19 yang sudah masuk ke tahap percobaan klinis, sementara 125 sisanya masih di tahap yang lebih dini.

Biaya yang dibutuhkan untuk mengembangkan satu vaksin Covid-19 saja sangat tinggi, sementara tidak ada yang tahu kandidat vaksin mana yang akan berhasil.

Seth Berkley, CEO Gavi yang juga merupakan salah satu mitra WHO dalam proyek ini berkata bahwa hanya sekitar 7 persen dari kandidat vaksin yang akan berhasil dalam pengembangan praklinis. Dari jumlah kecil itu, hanya sekitar 15-20 persen saja yang kemudian berhasil masuk ke tahap klinis.

Baca juga: WHO Berharap 2 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 Tersedia di Akhir 2021

Hal ini membuat risiko mendukung salah satu kandidat vaksin menjadi terlalu besar.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X