Danau Penuh Bahan Beracun, Penyebab Kehancuran Peradaban Kuno Maya

Kompas.com - 28/06/2020, 19:30 WIB
Monika Novena,
Sri Anindiati Nursastri

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Meski sudah lama hilang, peradaban suku Maya masih tetap menjadi bahan penelitian yang menarik bagi para arkeolog. Salah satu hal yang terus digali tentu saja adalah teka-teki penyebab runtuhnya peradaban kuno tersebut.

Ada bermacam versi yang menyebut mengapa peradaban Maya punah. Namun kini, melansir Phys, Jumat (26/6/2020) peneliti dari University of Cincinnati kembali menemukan bukti baru yang dapat menjadi teori baru terkait runtuhnya peradaban Maya.

Dalam penelitiannya, tim peneliti mengungkap bahwa dua danau yang terletak di Tikal, pusat kota peradaban Maya kuno tercemar dengan merkuri serta ganggang beracun sehingga air kemungkinan besar tidak bisa diminum.

Baca juga: Tersembunyi Ribuan Tahun, Monumen Suku Maya Terbesar dan Tertua Ditemukan

Danau-danau ini merupakan sumber penghidupan bagi penduduk setempat. Praktis, ketika air tak bisa diminum akan membuat penghuni kota meninggalkannya.

Berdasarkan analisis geokimia, peneliti menemukan kalau merkuri beracun berasal dari pigmen yang digunakan orang-orang Maya untuk menghiasi bangunan dan barang-barang lainnya.

Pigmen tersebut berasal dari cinnabar, mineral berwarna merah yang ditambang oleh orang Maya dari gunung berapi terdekat yang dikenal sebagai formasi Todos Santos.

Selama hujan badai, merkuri kemudian luntur dan larut ke dalam waduk dan mengendap di lapisan sedimen selama bertahun-tahun.

Selain itu juga, dalam sampel sedimen dari dua danau yang telah diambil, peneliti juga menemukan bukti adanya alga beracun yang disebut dengan cyanobacteria. Mengkonsumsi air ini, terutama selama kekeringan akan membuat orang sakit meski telah direbus.

"Kami menemukan dua jenis ganggang biru-hijau yang menghasilkan bahan kimia beracun. Hal buruknya, kandungan kimiannya tak terpengaruh mesti telah direbus. Ini membuat air di danau beracun untuk diminum," kata David Lentz, peneliti dari University of Cincinnati.