Bukti Awal Tunjukkan, Virus Corona Ada di Spanyol Sejak Maret 2019

Kompas.com - 28/06/2020, 13:02 WIB
Ilustrasi corona virus (Covid-19) shutterstockIlustrasi corona virus (Covid-19)

KOMPAS.com - Ahli virologi Spanyol menemukan jeak virus corona baru SARS-CoV-2 sudah ada sejak Maret 2019, sembilan bulan sebelum penyakit Covid-19 diidentifikasi di China.

Menurut keterangan Universitas Barcelona pada Jumat (26/6/2020), sampel virus itu ditemukan dalam sampel air limbah di Barcelona.

Penemuan genom virus yang sangat awal di Spanyol ini menyiratkan bahwa penyakit Covid-19 telah muncul jah lebih awal dari yang diperkirakan ilmuwan sebelumnya.

Baca juga: CDC Menambahkan 3 Gejala Baru Virus Corona, Salah Satunya Pilek

Dilansir Reuters, Sabtu (27/6/2020), tim Universitas Barcelona menguji air limbah sejak pertengahan April tahun ini. Mereka ingin mengidentifikasi potensi wabah baru dan melakukan tes pada sampel lama atau yang berusia lebih tua.

Sebelumnya, tim ini menemukan virus corona baru pada 15 Januari 2020, 41 hari sebelum kasus pertama secara resmi dikonfirmasi.

Kemudian tim melakukan tes pada sampel yang diambil antara Januari 2018 hingga Desember 2019. Mereka kemudian menemukan keberadaan genom virus di salah satu sampel, tepatnya sampel 12 Maret 2019.

"Tingkat SARS-CoV-2 rendah, tapi hasilnya positif (virus corona baru)," kata pemimpin penelitian Albert Bosch.

Studi yang dilakukan Albert Bosch dan tim saat ini telah diajukan untuk peer review.

Bosch yang adalah presiden Perhimpunan Ahli Virologi Spanyol mengatakan bahwa deteksi dini bahkan pada bulan Januari dapat meningkatkan respons terhadap pandemi.

Sebaliknya, pasien yang diperiksa saat itu mungkin salah diagnosis sebagai flu biasa. Hal ini disebut Bosch berkontribusi pada penularan penyakit lebih luas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Reuters
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X