Ilustrasi lautan, mahluk laut, virus di lautan Keiki/ShutterstockIlustrasi lautan, mahluk laut, virus di lautan

Seberapa Dalamkah Laut Itu? Sains Menjawab

27/06/2020, 20:04 WIB
Berapa sebenarnya kedalaman laut? - Anonim

Oleh Suzanne O'Connell

PARA penjelajah mulai membuat peta navigasi yang menunjukkan luas laut lebih dari 500 tahun yang lalu. Namun, sulit untuk menghitung kedalaman laut.

Jika ingin mengukur kedalaman kolam atau danau, kita dapat mengikat sebuah beban ke tali, menurunkan tali tersebut ke dasar kolam atau danau, menarik tali kembali, kemudian mengukur bagian tali yang basah. Di laut, mungkin butuh panjang tali yang mencapai ribuan meter.

Pada tahun 1872, HMS Challenger, sebuah kapal Angkatan Laut Inggris, berlayar untuk mempelajari laut, termasuk kedalamannya. Kapal ini membawa tali sepanjang 181 mil (291 kilometer).

Selama empat tahun berlayar, awak kapal Challenger mengumpulkan sampel batu, lumpur, dan binatang dari berbagai wilayah di lautan. Mereka menemukan salah satu zona terdalam yang terletak di Pasifik Barat, yaitu Palung Mariana, yang membentang sejauh 1.580 mil (2.540 kilometer).

Para ilmuwan saat ini mengetahui bahwa rata-rata kedalaman laut adalah 2,3 mil (3,7 kilometer), meski terdapat bagian-bagian yang lebih dangkal atau lebih dalam.

Untuk mengukur kedalaman laut, mereka menggunakan sonar, singkatan dari Sound Navigation and Ranging. Sebuah kapal akan memancarkan gelombang suara dan mengukur kedalaman laut berdasarkan kecepatan suara tersebut memantul kembali.

Bagian terdalam laut adalah palung, yaitu jurang yang panjang dan sempit menyerupai parit di tanah, tetapi jauh lebih besar. Kapal HMS Challenger menguji salah satu zona di ujung selatan Palung Mariana, yang dapat dikatakan sebagai titik terdalam di lautan.

Zona ini dikenal sebagai Challenger Deep, yang memiliki kedalaman 35.768 hingga 36.037 kaki, atau hampir 7 mil (11 kilometer).

Para peneliti kelautan seperti saya mempelajari dasar laut karena dapat membantu kami untuk memahami bagaimana Bumi bekerja.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X