Studi: Wanita Hamil Positif Covid-19 Lebih Berisiko Alami Gejala Parah

Kompas.com - 26/06/2020, 19:04 WIB
Ilustrasi EmiliaUIlustrasi

KOMPAS.com - Sebuah studi baru menunjukkan, kehamilan meningkatkan risiko gejala Covid-19 yang parah. Wanita hamil positif Covid-19 lebih mungkin masuk ke unit perawatan intensif (ICU) atau menggunakan ventilator ketimbang wanita tidak hamil.

"Wanita hamil mungkin berisiko lebih tinggi untuk mengalami gejala parah dari Covid-19 dibandingkan dengan orang yang tidak hamil," ungkap Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat seperti dilansir dari Live Science, Jumat (16/6/2020).

Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis data lebih dari 8.200 wanita hamil dan 83.200 wanita tidak hamil di Amerika Serikat yang dites positif terinfeksi Covid-19 antara Januari dan Juni 2020. Mereka berusia antara 15-44 tahun.

Hasil analisis menemukan, hampir sepertiga dari wanita hamil tersebut dirawat di rumah sakit, sementara pada wanita tidak hamil hanya enam persen.

Baca juga: Orang Autis Lebih Rentan Terinfeksi Corona Covid-19, Ini Alasannya

Sayangnya, penelitian ini tidak membedakan antara wanita hamil yang dirawat di rumah sakit untuk menjalani proses persalinan atau memang karena masalah terkait Covid-19.

Dengan kata lain, ada kemungkinan wanita hamil ke rumah sakit tidak selalu karena menunjukkan keparahan penyakit Covid-19.

Meski demikian, penelitian ini tetap menemukan bahwa wanita hamil yang terinfeksi lebih memungkinkan dirawat di ICU atau menggunakan ventilator, dibandingkan wanita tidak hamil.

Analisis data menunjukkan, 1,5 persen wanita hamil dirawat di ruangan ICU, dibandingkan dengan wanita tidak hamil yang hanya sebesar 0,9 persen.

Selain itu, sebanyak 0,5 persen wanita hamil membutuhkan bantuan ventilator untuk bernapas, dibandingkan 0,3 persen pada wanita tidak hamil.

Namun, risiko kematian akibat Covid-19 pada kedua kelompok tersebut memiliki tingkat yang sama yakni 0,2 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X