CDC Menambahkan 3 Gejala Baru Virus Corona, Salah Satunya Pilek

Kompas.com - 26/06/2020, 16:02 WIB
Ilustrasi hidung menjadi lokasi yang tepat sebagai jalur masuknya virus. ShutterstockIlustrasi hidung menjadi lokasi yang tepat sebagai jalur masuknya virus.

KOMPAS.com - Pusat pengendalian dan pencegahan penyakit ( CDC) AS menambahkan tiga gejala baru terinfeksi virus corona SARS-CoV-2, penyebab Covid-19.

Tiga gejala baru dari Covid-19 itu adalah hidung tersumbat atau pilek, mual, dan diare.

Ketiganya bergabung dengan daftar gejala Covid-19 yang sudah dipaparkan sebelumnya, yakni demam, batuk, sesak napas, kelelahan, sakit otot atau tubuh, sakit kepala, kehilangan atau sulit mencium bau dan mengecap rasa, panas dingin disertai menggigil, serta sakit tenggorokan.

Sehingga hingga saat ini, ada 12 gejala terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Ini Penyebab Pasien Covid-19 Kehilangan Kemampuan Mencium Bau

"Daftar ini tidak mencakup semua gejala yang mungkin terjadi. CDC akan terus memperbarui daftar ini karena kami terus mempelajari tentang Covid-19," kata CDC seperti dilansir New York Post, Jumat (26/6/2020).

Seperti kita tahu, pemahaman terkait Covid-19 terus digali dan diselidiki, termasuk gejalanya.

Pada awal kemunculan Covid-19, para ahli mengatakan gejala dari penyakit ini adalah demam, batuk, dan sesak nafas. Ini adalah gejala paling umum.

Gejala dapat berkisar dari ringan hingga berat. Kebanyakan orang mulai mengalami atau menunjukkan gejala pada periode dua sampai 14 hari setelah terpapar SARS-CoV-2.

Pada bulan April, ahli menambahkan enam gejala baru Covid-19 ke dalam daftar.

Saat itu, gejala yang ditambahkan ke dalam daftar adalah panas dingin, badan gemetar berulang kali disertai menggigil, nyeri otot, sakit kepala, sakit tenggorokan, dan kehilangan kemampuan mengecap rasa serta mencium bau.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X