Kompas.com - 25/06/2020, 20:03 WIB
Ilustrasi mikroplastik di pantai yang mencemari laut. Dampak sampah plastik di lautan. SHUTTERSTOCKIlustrasi mikroplastik di pantai yang mencemari laut. Dampak sampah plastik di lautan.

KOMPAS.com- Tampaknya tak ada lagi wilayah di Bumi ini yang lolos dari jeratan limbah plastik. Peneliti bahkan telah mendeteksi keberadaan mikroplastik di tubuh salah satu hewan yang hidup di Antartika, salah satu wilayah di planet ini yang terpencil dan terisolasi.

Seperti dikutip dari Newsweek, Kamis (25/6/2020), temuan ini menunjukkan jika plastik telah memengaruhi rantai makanan di wilayah tersebut.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Royal Society Biology Letters fokus meneliti sepotong besar busa polystrene yang ditemukan tahun 2016 di tepi Pulau King George, yang terletak sekitar 121 km dari Antartika.

Potongan plastik itu ditutupi oleh lumut yang merupakan makanan bagi invertebrata kecil mirip serangga yang dikenal sebagai Cryptopygus antarcticus, spesies serangga ekor pegas (collembolan) yang ditemukan di Antartika dan Australia.