Tumbuh di Pegunungan Indonesia, Buah Arbei Ternyata Bisa Cegah Penuaan

Kompas.com - 25/06/2020, 15:42 WIB
Ilustrasi buah arbei. Salah satu jenis tanaman arbei, Rubus rosifolius yang banyak tumbuh di daerah pegunungan di Indonesia ini memiliki kandungan antiaging yang dapat mencegah penuaan kulit. SHUTTERSTOCK/Ricardo de Paula FerreiraIlustrasi buah arbei. Salah satu jenis tanaman arbei, Rubus rosifolius yang banyak tumbuh di daerah pegunungan di Indonesia ini memiliki kandungan antiaging yang dapat mencegah penuaan kulit.


KOMPAS.com - Buah arbei adalah salah satu jenis tanaman yang banyak ditemukan di daerah pegunungan di Indonesia.

Buah ini mirip berry merah dengan rasa manis agak asam. Buah arbei banyak dijumpai di daerah wisata berhawa dingin di Jawa Barat, seperti di daerah Cibodas dan Tangkuban Perahu.

Belum lama ini, Yesi Desmiaty, mahasiswi Program Studi Doktor Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) meneliti manfaat dua jenis buah arbei, Rubus fraxinifolius dan Rubus rosifolius.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (25/6/2020), kandungan buah arbei bermanfaat sebagai antioksidan dan pencegahan penuaan dini, sehingga dapat digunakan dalam pengembangan kosmetik.

Baca juga: Ikan Killifish Afrika ini Mungkin Bisa Hentikan Penuaan pada Manusia

Yesi mengatakan beberapa jenis tanaman rubus dilaporkan memiliki aktivitas antioksidan, antielastase, antitirosinase, antikolagenase, anti-UV hingga antiaging atau anti-penuaan yang kuat.

Bahkan, tanaman ini juga memiliki kandungan fitokimia utama, yaitu senyawa terpenoid, polifenol, dan flavonoid.

Ilustrasi Penuaan DiniLuckyBusiness Ilustrasi Penuaan Dini

Penelitian yang dilakukannya sebagai disertasi ini dilakukan dengan meneliti bagian batang, buah dan daun dari kedua tanaman arbei tersebut.

Hasil pengamatan menunjukkan ekstrak metanol pada daun R. fraxinifolius memiliki aktivitas antielastase dan antioksidan tertinggi.

Baca juga: Mengapa Penuaan pada Tubuh Manusia Berbeda-beda? Sains Jelaskan

Potensi bahan kosmetik alami

Dalam penelitian berjudul Telaah Aktivitas Antiaging Secara in vitro Pada Ekstrak dan Isolat Teridentifikasi dari Rubus fraxinifolius dan Rubus rosifolius, ini diperoleh senyawa dengan struktur baru.

Selain itu, isolat yang memiliki aktivitas anti-penuaan dan dapat dimanfaatkan dalam pengembangan kosmetik dari bahan alam.

Riset yang dilakukan Yesi telah menjadi salah satu prospek pengembangan penemuan baru bahan alam untuk mencegah penuaan kulit.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X