Kehamilan Saat Pandemi Covid-19, Waktu yang Baik Rencanakan Punya Anak, Kok Bisa?

Kompas.com - 24/06/2020, 20:03 WIB
Ilustrasi ibu hamil melakukan pemeriksaan kehamilan di masa pandemi Covid-19. Ilustrasi ibu hamil melakukan pemeriksaan kehamilan di masa pandemi Covid-19.


KOMPAS.com- Selama pandemi Covid-19 di Indonesia, disebutkan bahwa jumlah wanita hamil bertambah bahkan mencapai sekitar 400.000 kehamilan baru.

Fantastisnya jumlah kehamilan baru selama pandemi itu menjadi kekhawatiran akan terjadinya baby booming, dan di saat bersamaan, masa pandemi ini juga dianggap waktu yang baik untuk merencanakan memiliki anak bagi pasangan suami-istri yang belum memiliki anak.

"Perlu diketahui bagi pasangan dengan kondisi belum memiliki anak, masa Covid-19 adalah waktu yang tepat untuk merencanakan dengan lebih baik lagi mengenai kapan memiliki Anak," kata dr Fredy Lisnan SpOG, selaku Dokter Spesialis Kandungan Primaya Hospital Karawang, Rabu (24/6/2020).

Baca juga: Lebih dari 400.000 Kehamilan Baru Terjadi Selama Pandemi di Indonesia

Bahkan tidak hanya itu, perencanaan lainnya yang bisa Anda dan pasangan atur di masa pandemi adalah mau memiliki anak berapa, jarak kehamilan antar anak, di mana tempat ingin dilahirkan, dan juga program KB apa yang cocok untuk kebutuhan Anda dan pasangan.

Hal ini dilakukan agar program Keluarga Berencana (KB) bisa berjalan dengan baik dan juga Anda bisa menganalisis sendiri kemampuan, cara dan kondisi terbaik untuk membesarkan anak-anak Anda nantinya.

Namun, tidak bisa dipungkiri sudah banyak pasangan yang terlanjur hamil di tengah pandemi Covid-19 dan tidak bisa dihindari.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X