Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2020, 16:00 WIB
Yohana Artha Uly,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Sebuah studi baru menemukan, gen yang terkait dengan golongan darah tertentu memengaruhi tingkat keparahan infeksi pada pasien Covid-19.

Melansir Live Science, Selasa (23/6/2020), orang dengan golongan darah A, memiliki risiko 50 persen lebih tinggi mengalami gejala Covid-19 yang parah dibandingkan golongan darah lainnya.

Sementara orang dengan golongan darah O memiliki risiko 50 persen lebih rendah untuk menunjukkan gejala parah dari Covid-19 yang membutuhkan alat bantu pernapasan atau ventilator.

Para peneliti menemukan hubungan antara golongan darah dengan Covid-19 tersebut menggunakan studi asosiasi genom-lebar (genome wide association study/GWAS).

Baca juga: Benarkah Golongan Darah A Lebih Rentan Corona? Ini Penjelasannya

Mereka melihat perubahan huruf tunggal pada banyak gen dalam populasi yang besar, sehingga peneliti bisa menentukan varian gen yang berkaitan dengan risiko penyakit.

Dalam studi ini, peneliti mengidentifikasi dua wilayah dalam genom, di mana varian genetik dikaitkan dengan kasus Covid-19 yang parah dan risiko kematian yang lebih tinggi. Salah satu wilayah yang diteliti merupakan gen yang menentukan jenis darah.

Studi yang telah dipublikasikan dalam jurnal New England Journal of Medicine ini, mengambil sampel genom dari 1.610 pasien Covid-19 dan lebih dari 1.300 donor darah orang yang sehat, yang didapat dari Italia dan Spanyol.

ilustrasi pasien Covid-19 ilustrasi pasien Covid-19

Baca juga: Golongan Darah Diyakini Ungkap Kepribadian Manusia, Begini Sejarahnya

Mereka menganalisis lebih dari 8 juta perubahan huruf tunggal dalam kode DNA, yang disebut polimorfisme nukleotida tunggal atau SNP.

Ada jutaan SNP yang tersebar di seluruh genom seseorang, dan itu dapat digunakan sebagai penanda untuk menemukan gen yang terkait dengan penyakit, menurut Perpustakaan Kedokteran Nasional AS.

Para peneliti menetapkan wilayah genom yang berkaitan dengan kegagalan pernapasan akibat Covid-19.

Satu sinyal genom didapatkan dari daerah yang menyertakan gen terkait dengan respons imun di paru-paru. Sinyal lainnya datang dari daerah yang berkaitan dengan golongan darah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com