Misteri Fosil Telur Raksasa dari Antartika Terungkap, Mungkinkah Milik Dinosaurus?

Kompas.com - 22/06/2020, 18:32 WIB
ilustrasi mosasaurus, reptil laut purba yang diperkirakan pemilik dari fosil telur misterius. PHYS/Francisco Hueichaleo, 2020ilustrasi mosasaurus, reptil laut purba yang diperkirakan pemilik dari fosil telur misterius.


KOMPAS.com- Tak banyak hal yang bisa dilakukan para ilmuwan Chili saat menemukan fosil misterius berbentuk bola kempes di Antartika pada 2011 yang lalu.

Bahkan hampir satu dekade, tak ada pihak yang mengidentifikasi fosil apakah itu. Spesimen tersebut pun dibiarkan tanpa label dan tak dipelajari.

Fosil misterius ini tersimpan di dalam koleksi Museum Nasional Sejarah Alam Chili.

Seperti dikutip dari Phys, Senin (22/6/2020), ilmuwan hanya menyebutnya dengan 'The Thing'. Panggilan itu rupanya terinspirasi film fiksi ilmiah.

Baca juga: Berusia 500 Juta Tahun, Inilah Fosil Parasit Paling Awal di Bumi

Namun penantian panjang akhirnya berbuah manis. Penelitian yang dipimpin tim dari The University of Texas, Austin berhasil mengungkap identitas fosil misterius itu.

Peneliti menyebut jika fosil tersebut merupakan telur bercangkang lunak raksasa yang berasal sekitar 66 juta tahun yang lalu.

Telur raksasa berukuran 29x20 cm itu menurut peneliti adalah telur cangkang lunak terbesar yang pernah ditemukan.

Benua AntartikaShutterstock Benua Antartika

Baca juga: Kali Pertama dalam Sejarah, Fosil Katak Ditemukan di Antartika

Selain ukurannya yang mencengangkan, peneliti menyebut pula jika spesimen tersebut merupakan fosil telur pertama yang ditemukan di Antartika.

Peneliti pada akhirnya mulai berteori milik siapakah telur itu dan berpendapat bahwa telur merupakan kepunyaan reptil laut raksasa yang telah punah, seperti Mosasaurus.

"Ini berasal dari hewan seukuran dinosaurus. Tetapi sama sekali tidak seperti telur dinosaurus. Ini lebih mirip dengan telur kadal dan ular, tetapi berasal dari kerabat raksasa mereka," papar Lucas Legendre, peneliti dari University of Texas.

Legendre sendiri melakukan analisis telur dengan menggunakan seperangkat mikroskop. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Nature, pada 17 Juni lalu.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber PHYSORG
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X