Gerhana Matahari Sebagian 21 Juni 2020, Ini Serba-serbi Waktunya

Kompas.com - 20/06/2020, 18:02 WIB
Penampakan puncak gerhana matahari cincin yang diabadikan oleh Tim BMKG dari Singkawang, Kalimantan Barat, Kamis (26/12/2019). Menurut daftar yang dirilis BMKG, fenomena astronomi gerhana matahari cincin akan melewati 25 kota/kabupaten di Indonesia pada Kamis hari ini. HANDOUT/BMKGPenampakan puncak gerhana matahari cincin yang diabadikan oleh Tim BMKG dari Singkawang, Kalimantan Barat, Kamis (26/12/2019). Menurut daftar yang dirilis BMKG, fenomena astronomi gerhana matahari cincin akan melewati 25 kota/kabupaten di Indonesia pada Kamis hari ini.


KOMPAS.com- Gerhana Matahari Cincin yang akan terjadi pada Minggu (21/6/2020), ternyata memiliki durasi dan waktu terjadi yang bervariasi di setiap wilayah Indonesia yang terlintas.

Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terdapat wilayah yang mengalami gerhana matahari cincin dengan durasi yang lama, bahkan ada yang sangat sebentar sekali, dan perbedaan waktu lainnya.

Berikut serba-serbi gerhana matahari cincin perihal waktu, yang akan terjadi Minggu, 21 Juni 2020 di langit Indonesia.

Baca juga: Mitos Gerhana Matahari, dari Jatuhnya Kepala Dewa sampai Tanda Kiamat

1. Kontak gerhana paling awal

Peta waktu kontak awal kejadian GMC di setiap lokasi di Indonesia ini nantinya akan berbeda-beda.

Waktu mulai gerhana paling awal adalah di wilayah Sabang, Aceh, yang diprediksikan terjadi pada pukul 13.16 WIB.

2. Kontak gerhana paling terakhir

Sedangkan, untuk wilayah yang mulai terjadinya kontak gerhana paling akhir adalah di Kepanjen, Jawa Timur, pada pukul 15.19 WIB.

Siswa sekolah dasar tengah mengamati gerhana matahari cincin dengan menggunakan kacamata matahari guna melindungi mata dari cahaya matahari secara langsung, Kamis (26/12/2019).KOMPAS.com/AGIE PERMADI Siswa sekolah dasar tengah mengamati gerhana matahari cincin dengan menggunakan kacamata matahari guna melindungi mata dari cahaya matahari secara langsung, Kamis (26/12/2019).

Baca juga: Gerhana Matahari Cincin di Singkawang Begitu Sempurna, Ini Rupanya

3. Waktu puncak paling awal

Sementara itu, mengenai waktu puncak gerhana. Kota Sabang, Aceh tetap menjadi wilayah pertama yang akan melihat puncak gerhana yaitu pada pukul 14.34 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X