Kompas.com - 18/06/2020, 15:30 WIB
Pengendara mendorong motornya yang mogok saat melintasi banjir rob di Kompleks Pantai Mutiara, Penjaringan, Jakarta, Minggu (7/6/2020). Banjir di kawasan tersebut diduga akibat adanya tanggul yang jebol saat naiknya permukaan air laut di pesisir utara Jakarta. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK APengendara mendorong motornya yang mogok saat melintasi banjir rob di Kompleks Pantai Mutiara, Penjaringan, Jakarta, Minggu (7/6/2020). Banjir di kawasan tersebut diduga akibat adanya tanggul yang jebol saat naiknya permukaan air laut di pesisir utara Jakarta.

KOMPAS.com - Beberapa hari ke depan sejumlah wilayah Indonesia disebut berpotensi mengalami dampak limpasan banjir pesisir (rob), seperti yang terjadi beberapa waktu lalu.

Pada awal Juni lalu terjadi rob di wilayah Pesisir Utara Jawa, Pesisir Selatan Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam keterangan tertulisnya memperkirakan rob akan kembali berulang di wilayah tersebut. Potensi rob diperkirakan akan berlangsung tanggal 19 hingga 21 Juni mendatang.

Baca juga: Perairan Utara Jawa Berpotensi Terjadi Banjir Rob, Ini 5 Faktor Penyebabnya...

Pelaksana Kepala Bidang Informasi Meteorologi Maritim, Dr Andri Ramdhani mengatakan potensi kejadian banjir pesisir pada beberapa hari ke depan di pesisir Indonesia utamanya terjadi di wilayah rawan dengan elevasi rendah.

Potensi tersebut dipicu oleh berbagai kondisi atmosfer yang terjadi sebagai berikut.

1. Pasang air laut

Herizal berkata, fenomena fase bulan baru atau spring tide pada 21 Juni mendatang mengakibatkan terjadinya pasang air laut yang cukup tinggi di beberapa wilayah Indonesia.

Adanya fase bulan baru tersebut merupakan pemicu pasang air laut penyebab rob dari sisi faktor astronomis.

2. Gelombang tinggi

Gelombang tinggi merupakan faktor meteorologis yang berpengaruh atau memicu terjadi rob di sejumlah wilayah tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.