Ahli: Perhatikan Gizi dan Psikologis Klinis di Masa Emas Anak Usia 1 sampai 5 Tahun

Kompas.com - 18/06/2020, 09:34 WIB
Ilustrasi pemenuhan gizi pada anak. ShutterstockIlustrasi pemenuhan gizi pada anak.


KOMPAS.com- Untuk menciptakan generasi yang unggul, para ahli mengingatkan agar orang tua perlu memperhatikan masa keemasan anak Anda yaitu rentang usia 1 sampai 5 tahun.

Anak usia 1-5 tahun disebutkan terbagi menjadi dua masa periode yaitu Toddler (12-36 bulan) dan Prasekolah (usia 3 tahun hingga sebelum sekolah 5-6 tahun).

Pada masa keemasan anak ini, untuk mengoptimalkan potensial yang dimiliki. Anda sebagai orang tua perlu memperhatikan tumbuh kembang anak dari sisi gizi medik dan psikologis klinisnya.

Gizi untuk anak

Pakar Gizi Medik, Prof Dr dr Saptawati Bardosono MSc menjelaskan bahwa pada anak dengan usia 1-5 tahun rentan terkena penyakit seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA) dan diare.

Baca juga: Pandemi Corona, Ahli Ingatkan Penuhi Gizi untuk Anak-anak

Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, pemberian asupan yang mengandung probiotik yakni bakteri baik, Lactobacillus rhamnosus sangat dibutuhkan.

"Ini (probiotik lactobacillus rhamnosus) dapat memberikan efek immunomodulatory atau membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh," kata Tati dalam diskusi daring bertajuk Dancow Nutritods; Inovasi Terbaru untuk Tumbuh Kembang optimal Anak di Masa Toddler dan Prasekolah, Senin (15/6/2020).

Ilustrasi anak melukis dan menggambarShutterstock Ilustrasi anak melukis dan menggambar

Baca juga: Hindari Dehidrasi, Hitung Kebutuhan Air pada Anak Tiap Harinya

Oleh sebab itu, kata Tati, para orang tua dapat memberikan asupan probiotik yang terdapat pada susu dan makanan tradisional yang kita konsumsi sehari-hari. Antara lain seperti tapai, jenis-jenis keju, yoghurt dan lain sebagainya.

Psikologis klinis anak

Psikolog klinis, Dra Ratih Ibrahim MM mengatakan di masa toddler, anak mulai belajar untuk mandiri, dimulai dengan belajar melakukan hal-hal yang sederhana sendiri.

Sementara, pada masa Prasekolah, anak-anak akan mulai belajar untuk memiliki rasa tanggung jawab dan memiliki ambisi, dorongan untuk mempunyai prestasi.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X