Kasus Baru Corona Indonesia Capai 1.000 per Hari, Apakah Ini Puncaknya?

Kompas.com - 16/06/2020, 12:52 WIB
Ilustrasi virus corona yang merebak di Indonesia. KOMPAS.COM/ShutterstockIlustrasi virus corona yang merebak di Indonesia.

KOMPAS.com - Tatanan hidup baru atau new normal sudah mulai diberlakukan di beberapa wilayah di Indonesia. Di saat yang sama, pandemi Covid-19 belum berakhir dan vaksin pencegah infeksi virus corona SARS-CoV-2 juga belum ditemukan.

Di DKI Jakarta, beragam sektor, seperti industri, perkantoran, transportasi, sarana publik dan juga sekolah, secara bertahap mulai dibuka aksesnya agar masyarakat bisa beraktivitas kembali dengan memperhatikan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Bersamaan dengan itu, jumlah kasus infeksi Covid-19 di Indonesia pun hingga saat ini terus bertambah. Bahkan, angka penambahan kasus bisa mencapai 1.000 kasus konfirmasi positif Covid-19 per hari seperti Senin (15/6/2020).

Lantas, apakah ini artinya Indonesia sudah memasuki puncak pandemi?

Baca juga: Update Corona 16 Juni: 8,1 Juta Orang Terinfeksi dan 4,2 Juta Sembuh

Menanggapi kondisi ini, Pakar Epidemiologi dari Universitas Indonesia, Pandu Riono menegaskan bahwa pada saat ini, Indonesia belum memasuki puncak pandemi Covid-19.

"Belum di puncak (pandemi)," kata Pandu kepada Kompas.com, Senin (15/6/2020).

Pandu menjelaskan bahwa puncak pandemi baru akan diketahui jika kurva jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 sudah mulai menurun.

"Kalau sudah menurun kita tahu sudah lewat puncak," ujar dia.

Sementara itu, hingga saat ini kurva kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia justru masih meningkat dari hari ke hari di berbagai daerah.

Baca juga: Studi Corona: OTG Masih Jadi Ancaman Penyebaran Covid-19, Kok Bisa?

Data per tanggal (15/6/2020) hingga pukul 12.00 WIB, jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di seluruh Indonesia mencapai 39.294 kasus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X